Citizen Reporter

Gebyar Literasi Sekolah SD Banyuripan Bantul, Literasi Tak hanya Membaca, Latih Keberanian Siswa

Juwanta, Kepala SD Banyuripan mengajak seluruh siswa dan guru untuk berani berkarya dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan.

Gebyar Literasi Sekolah SD Banyuripan Bantul, Literasi Tak hanya Membaca, Latih Keberanian Siswa
foto: istimewa
Suasana Gebyar Literasi Sekolah SD Banyuripan Bantul Yogyakarta. 

HARI yang dinanti telah tiba. Semua siswa SD Banyuripan datang ke sekolah dengan penuh keceriaan. Itu karena pada Senin (17/12/2018) SD Banyuripan menggelar Gebyar Literasi Sekolah, sebagai puncak dari kegiatan literasi yang terus digalakkan di sekolah.

Acara yang dihadiri oleh seluruh siswa beserta orang tua dan tamu baik dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Dikpora Bantul, pengawas, dan beberapa kepala sekolah itu berlangsung meriah.

Setiap anak diberi kesempatan untuk tampil di atas panggung. Ada yang mendongeng, menari, menyanyi, membaca puisi, pentas drama, dan ada pula yang menjadi pembawa acara.

Juwanta, Kepala SD Banyuripan mengajak seluruh siswa dan guru untuk berani berkarya dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan. Dengan membaca akan membuka cakarawala dunia.

“Ini sesuai dengan tema kegiatan, yaitu menanamkan budaya baca, tulis, dan bertutur, membuka cakrawala dunia,” kata Juwanta dalam sambutannya.

Kegiatan yang merupakan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) itu, menegaskan literasi tidak hanya membaca, tetapi juga melatih keberanian siswa dalam menghasilkan serta menampilkan karya.

Itu bisa berupa keterampilan berkomunikasi, keberanian tampil di depan umum, maupun keberanian menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Puncak acara ditandai dengan peluncuran buku antologi puisi Galaksi Banyuripan. Buku yang ditulis oleh 33 siswa kelas 4, 5, dan 6 itu diluncurkan dengan penandatanganan dan penyerahan buku oleh siswa, kepala SD Banyuripan, dan Kepala LPMP Sarjilah.

Sebelum pelucuran buku, juga ada bincang buku yang membahas proses kreatif di balik penulisan buku Galaksi Banyuripan.

Acara yang dipandu oleh Yeti Kartikasari itu menghadirkan narasumber Lalu Abdul Fatah (editor dan penyunting buku), Yudha Kristiawan (apresiator), dan tiga perwakilan siswa penulis buku (Rifan, Laili, dan Isma). Mereka membahas dan membocorkan proses penulisan hingga menjadi sebuah buku. 

“Beri kepercayaan dan ruang berkreasi jika guru dan orang tua ingin melihat anak-anak berkarya dengan luar biasa,” pesan Lalu Abdul Fatah menutup acara bincang buku.
Di sela-sela acara, Yudha Kristiawan yang datang dengan grup bandnya Yudha and The Remora meghibur seluruh tamu dengan lagu-lagu content anak dan keluarga yang penuh pesan moral.

Saskia Ismala Dewi
Siswa Kelas V SD Banyuripan
Kasihan, Bantul, Yogyakarta
dewiismala20@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved