Citizen Reporter

Bincang Literasi Forum Pegiat Literasi Kota Padang Panjang, Sumbar: Literasi Ubah Mindset Masyarakat

“Di sini literasi berfungsi mengubah pola pikir (mindset) masyarakat. Berdagang tidak harus lagi ke pasar, tetapi di ranah digital,” ujar Mardhiyan.

Bincang Literasi Forum Pegiat Literasi Kota Padang Panjang, Sumbar: Literasi Ubah Mindset Masyarakat
foto: istimewa
Bincang Literasi di Ruang Baca Rimba Bulan binaan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, Sumbar, Kamis (20/12/2018). 

DUTA BACA Sumatra Barat, Mardhiyan Novita MZ mengajak generasi milenial Sumatra Barat untuk kreatif mengembangkan kreativitas mereka di ranah literasi. Literasi menurutnya tidak sebatas baca-tulis, tetapi lebih luas dari itu.

“Para milenial harus jeli menangkap peluang di ranah literasi dan mampu mengelolanya menjadi kerja-kerja kreatif dan produktif,” ujar Mardhiyan saat tampil sebagai pembicara dalam Bincang Literasi di Ruang Baca Rimba Bulan binaan Forum Pegiat Literasi (FPL) Kota Padang Panjang, Kamis (20/12/2018).

Ruang Baca Rimba Bulan hari itu dikunjungi 50-an pelajar Kota Pariaman yang tergabung dalam Klub Sahara Kota Pariaman.

Turut hadir anggota Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Panjang, mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, dan mahasiswa STAI Imam Bonjol Padang Panjang.

Menurut Mardhiyan, di zaman digital yang memasuki era revolusi industri 4.0, teknologi mengambil peran strategis membangun perubahan di berbagai sektor.

Generasi milenial yang literat diharapkan dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mengembangkan kemampuan intelektual dalam mencari peluang yang mengarah pada kesejahteraan.

“Jadi, target literasi hari ini untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dia mengungapkan, di masa lalu orang berdagang membeli atau menyewa tempat (toko) dan setiap pagi-sore buka-tutup toko.

Saat ini pelaku usaha tidak terlalu mementingkan tempat sebab mereka bisa memanfaatkan teknologi internet untuk menjual jasa atau barang dagangan mereka.

“Nah, di sini literasi berfungsi mengubah pola pikir (mindset) masyarakat. Berdagang tidak harus lagi ke pasar, tetapi bisa membuka pasar yang lebih luas di ranah digital,” ujar Mardhiyan yang juga penulis Novel Penyair Merah Putih dan Mahar Cinta Gandoriah.

Mardhiyan memberi apresiasi atas kerja kreatif relawan Ruang Baca Rimba Bulan yang mampu membangun sebuah taman bacaan masyarakat (TBM) yang lokasinya berada di teras rumah. Ruang Baca itu tidak hanya perpustakaan, tetapi juga memberi ruang diskusi dengan berbagai program, juga ada kafe.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved