Citizen Reporter

Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Website, Diharapkan Muncul Kader Baru Pengelola Imadiklus

Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia (Imadiklus) merupakan wadah berkumpulnya seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Website, Diharapkan Muncul Kader Baru Pengelola Imadiklus
foto: istimewa
Para peserta pelatihan pengelolaan media sosial dan website Imadiklus dengan mengusung tema Mengabdi dengan Media Sosial saat foto bersama, Jumat (14/12/2018). 

IKATAN Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah se-Indonesia (Imadiklus) merupakan wadah berkumpulnya seluruh mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Mereka mengadakan pelatihan pengelolaan media sosial dan website Imadiklus dengan mengusung tema Mengabdi dengan Media Sosial, Jumat (14/12/2018).

Acara diikuti mahasiswa PLS dari 11 universitas di Indonesia. Mereka mewakili Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Ibn Khaldun Bogor, dan Universitas Siliwangi.

Badan Pengurus Harian Imadiklus Universitas Negeri Malang yang menjadi panitia pelaksana dalam kegiatan itu. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari di vila Tlekung, Batu, diisi pemateri dari alumni dan mahasiswa PLS.

"Diharapkan dari pelatihan ini bisa memunculkan kader-kader baru yang mengelola medsos Imadiklus," tutur Lina, ketua pelaksana.

Pertemuan itu membuat para mahasiswa saling kenal. Menurut Nurwahidin, Ketua Imadiklus, pelatihan itu diharapkan menjadi tempat bertukat pengalaman.

“Gali sedalam-dalamnya ilmu mereka, manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya," tambah Nurwahidin.

Sebelum memasuki inti acara, salah satu panitia Fendik Setyawan mengajak para peserta saling mengenal serta menuliskan harapan dan kontribusi setelah mengikuti kegiatan ini. Selanjutnya, Ronggo Tunjung menyampaikan materi dan praktik pengelolaan website Imadiklus.

Malamnya diisi oleh Bayu yang membagikan pengalaman dan informasi beasiswa LPDP yang ia peroleh. Kemudian dilanjutkan lagi oleh Ronggo yang membahas mengenai pengelolaan media Imadiklus. Sebelum istirahat diadakan sesi sharing-sharing oleh John Haris dan beberapa teman-teman PLS lainnya. Meskipun kantuk telah melanda, namun mereka begitu antusias.

Keesokan harinya (15/12) diisi materi teknik dasar menulis artikel sederhana oleh Widya Nusantara. Kemudian peserta praktik membuat artikel lalu diposting di website Imadiklus. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ahmad Firdaus mengenai pengelolaan media sosial dan disampaikan pula mengenai instagram oleh Rezda.

Di antara sesi pemateri, para peserta diajak outbound yang dipandu oleh John. Canda tawa peserta pun menyelimuti suasana sore itu. Malamnya adalah kegiatan akhir dari pelatihan. Peserta dipandu oleh Fendik untuk berdiskusi mengenai tindak lanjut masing-masing universitas setelah mengikuti kegiatan.

Para peserta sangat terkesan dengan pelatihan itu. Salah satunya peserta asal Universitas Negeri Surabaya, Diyah.

“Kegiatannya luar biasa, seru sekali. Banyak pengalaman yang saya peroleh dan juga relasi antaruniversitas,” katanya,

Nindya Seftiana
Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Malang
nindyaseftiana@yahoo.co.id

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved