Citizen Reporter

Menapaki Merbabu Jalur Selo, Tekad Tim Pendaki Atlantic Anugerah Metalindo Taklukkan Puncak Merbabu

Lima pendaki Atlantic Anugerah Metalindo (4 laki-laki dan 1 perempuan) sampai di basecamp Mbah Jupri, Sabtu (22/12/2018) dini hari.

Menapaki Merbabu Jalur Selo, Tekad Tim Pendaki Atlantic Anugerah Metalindo Taklukkan Puncak Merbabu
foto: istimewa
Suasana Gunung Merbabu.Tim pendaki Atlantic Anugerah Metalindo berusaha menaklukkan puncak gunung tersebut. 

LIMA pendaki Atlantic Anugerah Metalindo (4 laki-laki dan 1 perempuan) sampai di basecamp Mbah Jupri, Sabtu (22/12/2018) dini hari. Tujuan utama para pendaki itu adalah puncak Gunung Merbabu di Jawa Tengah.

Gunung Merbabu adalah gunung berapi dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung itu secara administratif berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara.

Dari Jawa Timur, tim kecil itu naik kereta api sampai Stasiun Solo Balapan. Mereka dijemput dari stasiun Solo Balapan ke Boyolali. Para pendaki itu memilih jalur Selo-Boyolali. Ada beberapa jalur yang bisa dilalui. Yang paling cepat adalah jalur Wekas. Jalur Selo-Boyolali adalah jalur yang panjang, tetapi terkenal dengan pemandangan yang indah di sepanjang jalur.

Sesampainya di basecamp, mereka langsung membongkar tas gunung masing-masing, termasuk dandang dan panci dikeluarkan. Hawa yang cukup dingin dan lelah membuat rasa kantuk menggelayut.

Sleeping bag menjadi benda yang paling dicari dalam hal ini. Mereka harus tidur karena perjalanan masih panjang.

Pagi harinya, cuaca sangat bersahabat. Matahari terlihat jelas di sebelah timur. Suasana terasa hangat.

Ghozali, ketua tim, mengingatkan jalur yang akan mereka lalui. Meskipun jalur Selo-Boyolali cukup mudah bagi pendaki pemula, bukan berarti boleh tanpa persiapan. Semua pendaki harus menyiapkan fisik dan mental saat melewati jalur mana pun.

“Kita akan dapat melihat Bukit Teletubies,” terang Ghozali.

Pemuda 25 tahun itu menambahkan, Sabana 1 dan Sabana 2 adalah ciri khas dari pemandangan Merbabu. Bukit yang bergelombang dan naik turun itulah yang disebut Bukit Teletubies oleh kebanyakan pendaki. Itu yang menambah semangat tim.

Untuk mencapai puncak Merbabu tidaklah mudah. Jika lewat jalur Selo-Boyolali, para pendaki harus melewati enam pos, yaitu Dok Malang, Pandean, Watu Tulis, Sabana 1, Sabana 2, dan Kenteng Songo.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved