Berita Jombang

Komplotan Pencuri Diesel Penyedot Air di Jombang Digulung, Satu Orang Ditembak

Dari 5, satu orang ditembak karena mencoba melawan petugas saat hendak ditangkap. Ironisnya, dua di antaranya masih berusia di bawah umur.

Komplotan Pencuri Diesel Penyedot Air di Jombang Digulung, Satu Orang Ditembak
surabaya.tribunnews.com/sutono
Tiga dari lima pelaku pencurian mesin penyedot air saat dipamerkan dalam press release di Polres Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Petugas Polres Jombang menggulung komplotan spesialis pompa penyedot air milik petani di Jombang. Lima orang anggota komplotan itu diringkus.

Dari lima itu, satu orang ditembak kakinya karena mencoba melawan petugas saat hendak ditangkap. Ironisnya, dua di antaranya masih berusia di bawah umur.

Kelima pelaku itu Budiono (54) warga Dusun Tawangsari Desa Sengon Kecamatan Jombang, Rois (30) warga Desa Segodorejo Kecamatan Sumobito, DS (17) dan RHA (16) keduanya warga Desa Temuwulan Kecamatan Perak dan seorang penadah berinisial RY.

Kepada Polisi, para pelaku ini mengaku sudah sekitar enam bulan mencuri pompa air (diesel) di puluhan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah Kabupaten Jombang.

Hasil curiannya kemudian dijual kepada penadah berinisial RY dengan harga antara Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per unit, tergantung kondisi barang.

Kasat Reskrim Polres Jombang, AKP Azi Pratas Guspitu, mengatakan, para pelaku ini ditangkap di rumahnya masing-masing setelah Polisi mendapat laporan dari para korban.

“Mereka mengaku mencuri diesel sejak Agustus 2018 lalu. Ada sekitar sembilan laporan yang masuk ke Polres Jombang,” ujar Azi Pratas, saat rilis kasus tersebut, Jumat (25/1/2019).

Dalam melancarkan aksinya, para pelaku membagi tugas dan memiliki peran masing-masing. Modusnya, para pelaku mencari sasaran diesel persawahan atau pelataran rumah yang tidak diawasi pemiliknya.

Kata Azi Pratas, ini dilakukan pada malam hingga waktu subuh.

Dijelaskan Azi, para pelaku ini kemudian berkeliling sawah mencari sasaran. Setelah mendapatkan target yang sesuai, Rois turun dari kendaraan untuk memastikan situasi.

Halaman
12
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved