Citizen Reporter

Liburan Asyik di Perpustakaan Mastrip Pare Kediri, Upaya Kurangi Kecanduan Anak terhadap Smartphone

Kegiatan positif seperti terlihat banyaknya anak-anak sekolah yang mengisi liburan mereka di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kediri.

Liburan Asyik di Perpustakaan Mastrip Pare Kediri, Upaya Kurangi Kecanduan Anak terhadap Smartphone
foto: istimewa
Suasana Perpustakaan Mastrip Pare Kediri di musim libur sekolah. 

MUSIM liburan memang lebih asyik jika diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Itu juga untuk mengurangi kecanduan anak terhadap smartphone.

Kegiatan positif seperti terlihat banyaknya anak-anak sekolah yang mengisi liburan mereka di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kediri pada Jumat pagi (27/12/2018).

Terlihat puluhan anak berseliweran memilih buku dan juga asyik duduk dengan buku bacaan yang sudah di depan mereka.

Perpustakaan yang biasa dikenal dengan Perpustakaan Mastrip Pare itu cukuplah lengkap. Selain buku-buku dewasa seperti serian novel hingga buku teori.

Terdapat pula pojok baca khusus untuk anak-anak. Tempat baca anak sangat ramai anak-anak yang asyik membaca buku yang sesuai dengan perkembangan mereka.

Perpustakaan yang berada di Jalan Kerinci itu juga banyak buku-buku langka yang banyak dicari kolektor buku karena sudah tidak terbit lagi saat ini.

“Seperti novel-novel terbitan Balai Pustaka dan Pustaka Jaya masih lengkap di sini,” ujar Andini Risa Pratiwi, salah satu pengunjung.

Andin yang mengajak kedua keponakannya yang sedang libur sekolah itupun mengaku novel-novel langka itu memang sangat sulit dicari. Seperti Novel berjudul Layar Terkembang karya sastrawan legendaris Sutan Takdir Alisyahbana hingga kumpulan puisi-puisi WS Rendra yang langka ada di perpustakaan ini.

“Saya sangat terbantu dengan adanya perpustakaan ini. Terlebih untuk studi kuliah saya,” ujarnya.

Selain itu, dengan tempat yang lengkap dengan pojok baca khusus untuk anak-anak. Andin juga mengaku tempat itu bisa digunakannya untuk media liburan para keponakannya dalam mengisi liburan yang bermanfaat.

Halaman
12
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved