Berita Ekonomi Bisnis

Sertifikasi Halal Dorong Fahrenheit Ekspansi Pasar lebih Masif  

PT Pratapa Nirmala (Fahrenheit) memilih lebih dulu memberi sertifikasi halal pada produknya.

Sertifikasi Halal Dorong Fahrenheit Ekspansi Pasar lebih Masif  
surya.co.id/sri handi lestari
Nofa Sumawarti, Head of Marketing Over The Counter (OTC) Fahrenheit bersama Poppy Bunga saat mengenalkan produk farmasi bersertifikat halal di Surabaya, Rabu (23/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Meski Pemerintah belum memperlakukan aturan produk farmasi harus bersertifikasi halal, perusahaan farmasi PT Pratapa Nirmala (Fahrenheit) memilih lebih dulu memberi sertifikasi halal pada produknya. Terutama produk farmasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami ada enam produk di pasaran dan tiga produk sudah bersertifikat halal. Yaitu Thromboflash, Renalyte, dan Y-Rins. Sementara tiga lainnya dalam proses," jelas Nofa Sumawarti, Head of Marketing Over The Counter (OTC) Fahrenheit di Surabaya, Rabu (23/1/2019).

Diakui Nofa, pasar produk farmasi seperti yang mereka kenalkan lagi, masih sangat luas. Seperti Thromboflash, adalah pereda untuk luka dalam akibat benturan atau lebam.

Kemudian Renalyte, merupakan produk untuk pengganti cairan bagi penderita diare. Dan Y-Rins, produk pencuci mata untuk mengurangi iritasi dan mata merah.

"Nah, masyarakat Indonesia belum banyak yang melakukan cuci mata dengan cairan. Padahal produk ini sangat mendukung kegiatan orang saat ini yang banyak pakai gadget, softlens, kacamata dan nonton televisi," jelas Nofa.

Nah dengan sertifikasi halal ini, menurut Nofa bisa memberi nilai lebih dan jaminan bagi konsumen dalam memanfaatkan ketiga produk tersebut.

Meski, diakuinya dalam industri farmasi global, belum ada persyaratan produk farmasi harus halal. Termasuk di Arab Saudi sekalipun.

"Karena untuk kepentingan pengobatan, bahan baku belum halal masih boleh diberikan. Misalnya untuk produk Thromboflash, ada bahan heparosodium, yang berfungsi mengurangi cidera atau bengkak akibat benturan, ada dua bahan. Yaitu dari bahan mukosa babi dan mukosa sapi. Untuk mukosa babi boleh digunakan tapi tentunya tidak bisa dapat sertifikat halal. Kami pakai mukosa sapi dan dapat sertifikat halal," ungkap Nofa.

Untuk ketiga produk yang bersertifikat halal ini, Fahrenheit memggandeng artis Poppy Bunga. Poppy yang juga hadir dalam kegiatan di Surabaya, mengakui bila pihaknya sangat terbantu dengan ketiga produk ini.

"Saya punya dua anak, yang pertama perempuan berusia 4 tahun dan yang kedua masih enam bulan. Renalyte dan Thromboflash sebagai antisipasi bila keduanya mengalami diare dan benturan ringan, karena memang aktif sekali saat ini," cerita artis yang dikenal sebagai pemain sinetron dan FTV tersebut.

Sedangkan Y-Rins digunakan Poppy untuk mengurangi mata stress atau mata panda karena aktivitasnya. Apalagi matanya mengalami minus sejak usia 14 tahun yang membuatnya harus mengenakan kacamata atau softlens.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved