Berita Sidoarjo

Reswara Student Company SMAN 1 Waru Sidoarjo Luncurkan Saham, Ini Tujuannya

Reswara Student Company yang merupakan kegiatan Ekskul Kewirahausahaan yang didirikan oleh para murid SMAN 1 Waru, Sidoarjo, meluncurkan saham.

Reswara Student Company SMAN 1 Waru Sidoarjo Luncurkan Saham, Ini Tujuannya
tribunjatim.com/kukuh kurniawan
Suasana penjualan saham Ekskul Kewirausahaan di SMAN 1 Waru, Sidoarjo, Rabu (23/01/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Reswara Student Company yang merupakan kegiatan Ekstrakurikuler (Ekskul) Kewirahausahaan yang didirikan oleh para murid SMAN 1 Waru, Sidoarjo, meluncurkan saham.

Guru Pembina Ekskul Kewirausahaan, Tri Mugi Arti, menjelaskan peluncuran saham oleh perusahaan siswa tersebut baru digelar pertama kalinya di wilayah Sidoarjo.

Ini dimaksudkan agar para murid SMAN 1 Waru khususnya kepada anak kelas 10 paham tentang tata cara kelola perusahaan, serta menggugah minat kewirausahaan pada siswa.

"Jadi para murid tidak hanya sekedar teori saja di dalam kelas tetapi juga praktek, sehingga bisa tahu bagaimana rasanya menjual saham dan mengelola keuangan perusahaan," kata Tri kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id), Rabu (23/01/2019).

Ia menjelaskan untuk sahamnya sendiri ada 57 lembar yang dijual. Harga per saham nya hanya Rp. 20 ribu saja.

"Untuk pembelinya sendiri berasal dari undangan yang berminat. Baik dari perwakilan wali murid anggota Reswara SC, para guru serta siswa perwakilan ekstra kurikuler lainnya. Namun sifatnya tak wajib, jadi terserah mau membeli atau tidak karena intinya kita ingin merasakan bagaimana siswa mengelola suatu perusahaan,"jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Eksul Kewirausahaan, Rumus Rian Baraka, menjelaskan kegiatan ini sebenarnya telah berjalan selama empat tahun.

Namun baru tahun ini ada program peluncuran saham.

Dirinya mengaku hanya sedikit memahami jual beli saham dari buku pelajaran serta berita di media massa.

"Namun untuk prakteknya sendiri tidak pernah dilakukan sehingga pastinya agak gugup karena harus berhadapan dengan orang dan menawarkan saham. Meski sifatnya kecil tapi rasanya seolah memiliki perusahaan besar," tandas Rian.

Laporan wartawan TribunJatim. com, Kukuh Kurniawan

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved