Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Bentuk Tim Medsos E - Dishub, Salah Satu Tugasnya Tangkal Berita Hoax 

Dinas Perhubungan (dishub) Kota Surabaya, menjadi salah satu yang serius menggarap bagian ini. Mereka membentuk tim e-dishub, meliputi humas dan IT.

Pemkot Surabaya Bentuk Tim Medsos E - Dishub, Salah Satu Tugasnya Tangkal Berita Hoax 
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Erny saat memimpin diskusi kecil di ruang e-dishub Pemkot Surabaya, Rabu (23/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tak semua struktur dinas di pemerintahan Kota Surabaya punya bagian humas yang terbuka, dan mau memberikan sosialisasi kebijakan dengan cara lebih sederhana.

Dinas Perhubungan (dishub) Kota Surabaya, menjadi salah satu yang serius menggarap bagian ini. Mereka membentuk tim e-dishub, yang meliputi humas dan IT.

Irvan Wahyudrajat, Kepala Dishub Kota Surabaya menjelaskan e-dishub tidak hanya alat untuk sosialisasi kebijakan. Melainkan juga counter attack, jika ada pemberitaan hoax atau tidak benar dari media apapun.

"Regulasinya kami menerima keluhan, menyampaikan ke bidang dan melakukan sosialisasi. Intinya kehadiran e-dishub ini untuk memvisualkan peraturan yang ada jadi masyarakat lebih mudah mengerti," jelasnya, Rabu (23/1/2018).

Sejak berdirinya Oktober 2015 lalu, Dishub berusaha memberikan informasi secara detail kepada masyarakat melalui produk dan konten di media sosial.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Pembina e-dishub Erny Lutfiyah menyampaikan cara ini lebih mudah, menyentuh masyarakat.

"Kami punya banyak platform media sosial, jadi akun khusus untuk Dishub dan beberapa bidang di bawahnya. Misalnya di Instagram ada @dishubsurabaya, @wasdaldishubsby, ada untuk angkutan, parkir, SITS, Surabaya Bus Station, Srikandi, Suroboyo Bus, Bus Sekolah, dan Surabaya for Walk," kata Erny.

Melalui platform itulah, e-dishub melakukan sosialisasi kepada masyarakat Surabaya terkait kebijakan-kebijakan masing-masing bidang Dishub, yang sudah dikemas ulang. Sehingga lebih mudah dipahami masyarakat.

"Kadang teman-teman bidang request untuk bikin konten tertentu, kadang ide juga dari kami. Jadi kami bekerjasama," katanya

Lima orang pegawai e-dishub dipercaya membuat konten-konten menarik, untuk menerjemahkan peraturan yang ada. Misalnya Peraturan Daerah soal parkir, cara menggunakan Suroboyo Bus, grafik pengalihan arus lalu lintas, denda parkir sembarangan dan masih banyak lainnya.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved