Berita Surabaya

Pertamina Sumbang 5.000 Tanaman Mangrove di Gunung Anyar

Pertamina menanam 5.000 bibit mangrove di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar.

Pertamina Sumbang 5.000 Tanaman Mangrove di Gunung Anyar
surya/fatimatuz zahro
Penyerahan simbolis tanaman mangrove dari Pertamina ke Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Djoestamadji di Kebun Raya Gunung Anyar, Selasa (22/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Niat Pemkot Surabaya yang ingin membuat Kebun Raya Mangrove di kawasan Gunung Anyar dan Wonorejo mendapat support dan banyak pihak. Selain dapat sumbangan besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, banyak pihak juga berbondong-bondong melakukan penanaman bakau sukarela di Gunung Anyar

Sebelumnya ada PT PP Property yang melakukan penanaman di Gunung Anyar, hari ini, Selasa (22/1/2019), giliran Pertamina yang menanam 5.000 bibit mangrove di Kebun Raya Gunung Anyar

Kegiatan tanam mangrove ini menjadi rangkaian dari program Pertamina EP Leaders Forum 2019, anak perusahaan PT Pertamina (persero) di sektor eksplorasi migas.

Pertamina menanam mangrove di lokasi yang akan dijadikan hutan mangrove seluas 2.500 hektare yang kini masih diupayakan akan tertanam tanaman mangrove

Selain mendukung pengembangan Kebun Raya Mangrove, Pertamina juga memberikan bantuan berupa dua buah perahu untuk pengembangan wisata di kawasan itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Djoestamadji mengatakan di Kebun Raya Mangrove ini bakal ditanami 250 jenis mangrove.

"Yang disumbangkan Pertamina ke kami ini adalah jenis Rhizophora. Fungsinya untuk menahan erosi jadi tanah yang ada tidak tergerus dan terbawa air," jelas Djoestamadji.

Ia mengapresiasi banyaknya pihak yang mau membantu untuk realisasi kebun raya mangrove di Surabaya. Terutama swasta yang menunjukkan ada sinergi untuk sama-sama membangun kota.

"Selain itu juga kita akan dibantu juga oleh Pemerintah Kota Kyushu dari Jepang.  Ini akan menjadi kebun raya mangrove pertama di Indonesia," kata Djoestamadji.

Tahun lalu sudah Pemkot sudah membebaskan lahan seluas 60 hektare.  Tahun ini juga dianggarkan Rp 8 miliar untuk menggarap Wonorejo dan Gunung Anyar.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved