Berita Sidoarjo

PU BMSDA Ungkap Empat Penyebab Utama Banjir di Sidoarjo

Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab terjadinya banjir di beberapa wilayah di Sidoarjo. Paling utama, penyebabnya adalah

PU BMSDA Ungkap Empat Penyebab Utama Banjir di Sidoarjo
SURYA.co.id/M Taufik
Banjir masih merendam sejumlah wilayah di Sidoarjo, Senin (21/1/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab  terjadinya banjir di beberapa wilayah di Sidoarjo.

Paling utama, penyebabnya adalah hujan, air pasang, pendangkalan sungai, dan normalisasi sungai yang belum optimal.

Menurut Kabid Irigasi dan Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air ( PU BMSDA), Bambang Tjatur, curah hujan yang tinggi menjadi penyebab utama banjir kali ini.

"Hujan kemarin deras sekali, mencapai 100 liter perdetik. Kondisi itu mengakibatkan Kali Buntung meluap, tak mampu menampung air karena batas maksimalnya 80 liter perdetik," kata Bambang.

Bahkan, hujan pada Minggu sore lalu ada yang volumenya mencapai 125 liter hingga 170 liter perdetik. Khususnya di kawasan Sidoarjo Utara. Tak ayal, banjir pun paling banyak di Utara.

Kedua, kondisi air laut yang sedang pasang. Diketahui sekarang ini masuk puncak sehingga kondisi air laut sedang tinggi.

"Hal itu membuat aliran air sungai ke laut tidak bisa maksimal. Sehingga air meluber menggenangi berbagai kawasan," lanjut dia.

Di sisi lain, yang juga menjadi penyebab adalah terjadinya pendangkalan sungai di beberapa titik. Alhasil, kapasitas atau kemampuan sungai untuk menampung air juga tidak bisa maksimal.

"Dan penyebab lain, kami akui upaya normalisasi sungai belum maksimal. Ada beberapa kendala, salah satunya banyak bangunan di bibir sungai yang menghambat proses pengerukan," sambungnya.

Penulis: M Taufik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved