Lapor Cak

Kerahkan Petugas Disnaker Kota/Kabupaten guna Kawal Aplikasi SOS Panic Botton

Aplikasi SOS Panic Botton untuk mengawal kepulangan TKI hingga ke kampung halaman bisa diunduh dengan mudah.

Kerahkan Petugas Disnaker Kota/Kabupaten guna Kawal Aplikasi SOS Panic Botton
SURYAOnline/nuraini faiq
Proses pendataan kepulangan TKI di UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) Disnaker Jatim di Bandara Juanda. Disnakertrans Jatim melibatkan petugas Disnakertrans kabupaten/kota guna kawal aplikasi SOS Panic Botton. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Aplikasi SOS Panic Botton untuk mengawal kepulangan TKI hingga ke kampung halaman bisa diunduh dengan mudah. Namun, para TKI itu harus lebih dulu didata di kantor layanan kepulangan TKI di T2 Bandara Juanda. 

Kepala UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) Disnaker Jatim Budi Raharjo menyampaikan bahwa sistem pengamanan berbasis android dengan panic botton ini menggunakan sistem GPS. 

"Begitu mengklik tombol panic botton pada HP maka posisi sudah langsung terlacak. Petugas Disnaker kabupaten dan kota akan kami libatkan untuk sistem ini," kata Budi. 

Semua Petugas Disnaker di 38 kabupaten dan kota akan menjadi bagian dari sistem pengamanan tersebut, utamanya  daerah dengan jumlah TKI terbanyak. 

Frekuensi kepulangan TKI di daerah itu akan lebih sering. Artinya potensi menjadi korban tinggi. Mereka perlu pengawalan lebih.

"Bahkan kami juga akan bekerja sama dengan kepolisian. Namun harus masuk ke jaringan sistem disnaker," tandas Budi. 

Kerja sama dengan Disnaker kabupaten kota diperlukan karena akan mempercepat pertolongan kepada korban. GPS akan terlacak di mana Posisi terdekat. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved