Berita Sidoarjo

Banjir di Sidoarjo Disebut Terkait Fenomena Supermoon

Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Sidoarjo disebut karena fenomena Supermoon

Banjir di Sidoarjo Disebut Terkait Fenomena Supermoon
SURYA.co.id/M Taufik
Banjir masih merendam sejumlah wilayah di Sidoarjo, Senin (21/1/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Sidoarjo disebut karena fenomena Supermoon (mendekatnya jarak antara bumi dan bulan).

Kondisi itu menyebabkan air laut pasang atau robb hingga mencapai ketinggian 150 cm. Akibatnya air sungai tidak bisa mengalir maksimal ke laut dan kemudian meluber ke sejumlah wilayah.

"Sejak malam tadi kami sudah mendatangi berbagai wilayah yang tergenang. Sejumlah pompa langsung dikerahkan untuk menyedot air," kata Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito, Senin (21/1/2019).

"Dan seluruh staf BPBD sudah disebar ke daerah yang terdampak genangan air. Mereka semua disiagakan untuk membantu warga dan menyiagakan pompa," tambahnya.

Dari hasil kordinasi dengan sejumlah instansi terkait, disampaikannya bahwa BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) telah memperingatkan agar tetap waspada, karena dalam beberapa hari ini curah hujan masih dengan intensitas tinggi serta ditambahnya rob atau air pasang laut yang tinggi.

BREAKING NEWS - Jalan Raya Porong Sidoarjo Ditutup Total dan Beberapa Wilayah Masih Terendam Banjir

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved