Citizen Reporter

Seminar Nasional di IAIN Madura: Model KIPAS dalam Bimbingan Konseling

Seminar nasional itu mengusung tema Best Practice Konseling Model KIPAS untuk Mendongkrak Martabat Bimbingan dan Konseling Nusantara.

Seminar Nasional di IAIN Madura: Model KIPAS dalam Bimbingan Konseling
foto: istimewa
Seminar nasional diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) di Auditorium IAIN Madura. 

DI KALANGAN mahasiswa, mengikuti acara seminar, kajian ilmiah, atau kuliah tamu adalah suatu budaya akademik yang bisa memperkaya pengalaman dan ilmu pengetahuan. Jika seminar itu sesuai dengan bidang keilmuannya, tentu lebih menarik.

Itu seperti seminar nasional yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN Madura. Acara berlangsung Sabtu (15/12/2018) di Auditorium IAIN Madura.

Seminar nasional itu mengusung tema Best Practice Konseling Model KIPAS untuk Mendongkrak Martabat Bimbingan dan Konseling Nusantara. Pembicara utamanya Andi Mappiare.

Acara ini diselenggarakan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa BKPI dalam bidang bimbingan dan konseling yang terfokus pada model-model bimbingan dan konseling.

Bimbingan itu merujuk kepada bantuan dan arahan yang sifatnya preventif (mencegah). Konseling dapat didefinisikan sebagai bantuan yang sifatnya kuratif (memperbaiki).

Dalam kuliahnya, Andi menjelaskan model KIPAS adalah singkatan dari Konseling, Intensif, Progresif, Adaptif, dan Struktur.

“Model itu menghindari mendiagnosis kesalahan dan kekurangan klien, tetapi lebih menekankan kepada keunggulan, kelebihan, dan potensinya. Model ini juga mengajarkan konselor agar selalu berfikir positif terhadap klien sehingga konselor mampu memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi klien serta mendukung segenap potensi yang dimilikinya,” papar Andi.

Muhammad Jamaluddin, Kaprodi BKPI IAIN Madura, berharap kegiatan itu bisa menumbuhkan semangat mahasiswa untuk terus belajar dan menumbuhkan budaya akademik yang bisa menelurkan outcome yang kompeten di bidangnya.

Hal itu senada dengan Muhammad Hasan selaku Warek II IAIN Madura yang mengapresiasi kegiatan seminar nasional itu.

Anna Aisa, dosen Bimbingan dan Konseling juga berharap agar kegiatan itu memberikan manfaat bagi mahasiswa karena model konseling KIPAS itu belum didapatkan di kelas. Itu bisa menjadi rujukan dalam pengembangan model-model bimbingan dan konseling.

Muzayyinatul Hamidia
Dosen Bahasa Inggris IAIN Madura
muzayyinatulhamidia19@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved