Berita Jawa Timur

Selepas Kematian Dr Bagoes di Penjara, Apa Kabar Penyidikan Kasus Korupsi Dana Hibah P2SEM?

Selepas kematian dokter Bagoes di penjara beberapa waktu lalu, bagaimana nasib penyidikan kasus korupsi dana hibah P2SEM? ini kata Kajati Jatim.

Selepas Kematian Dr Bagoes di Penjara, Apa Kabar Penyidikan Kasus Korupsi Dana Hibah P2SEM?
surabaya.tribunnews.com/anas miftakhudin
Aktivis mahasiswa saat menggelar aksi di depan gedung Kejati Jatim di Jalan A Yani untuk kembali mengusut kasus P2SEM, Rabu (31/1). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penyidikan terhadap skandal korupsi P2SEM (Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat) oleh Kejati Jatim belum menunjukkan perkembangan berarti. 

Bahkan, setelah kematian dr Bagoes Soetjipto Soelyoadikoesoemo di penjara pada akhir 2018 lalu, menyebabkan penyidikan kasus ini semakin sulit. 

Kepala Kejati Jatim, Sunarta menjelaskan, hasil audit dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait dugaan kasus korupsi hibah P2SEM yang diperoleh pihaknya tak juga membuat terang penyidikan kasus oleh Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Jatim.

Sunarta menuturkan, kendati pihaknya sudah menerima hasil audit dari PPATK, ia menyatakan penyidik Pidsus Kejati Jatim masih saja tetap ‘sulit’ menemukan pihak yang bertanggungjawab dalam kasus korupsi berjamaah itu.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan kasus itu bakal berhenti atau SP3.

“Kami harus berani, kami harus sikapi kasus ini, jikalau memang tak bisa, ya harus berhenti (SP3/Surat Penghentian Penyidikan),” jelas Sunarta, Minggu (20/1/2019).

Meskipun seperti itu, lanjut Sunarta, ia menyatakan pihaknya akan tetap melakukan penyidikan kasus tersebut

Sunarta ingin memberi kepastian hukum dan keadilan dalam setiap kasus yang ditangani Kejati Jatim serta seluruh jajarannya.

“Kami tetap menjaga keadilan dan kepastian hukum, kalau memang masih bisa, ya terus maju, tetapi kalau tidak bisa ya harus berhenti,” imbuhnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, penyidik Kejati Jatim telah memegang keterangan saksi kunci dr Bagoes Soetjipto dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terkait kasus korupsi P2SEM sebelum meninggal dunia.

Nantinya, BAP itu akan digunakan untuk melengkapi alat bukti lainnya, salah satunya hasil audit dari PPATK.

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved