Berita Sidoarjo

Sejumlah Rutan Over Capacity, Ini Kata Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Timur

Ada beberapa langkah penting yang dilakukan untuk mengurangi kelebihan kapasitas warga binaan.

Sejumlah Rutan Over Capacity, Ini Kata Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Timur
surya/mohammad romadoni
Ilustrasii, narapidana di Lapas 

SURYA.co.id | SIDOARJO -Masalah over capacity (melebihi kapasitas) memang menjadi problem klasik di semua lembaga pemasyarakatan.

Tidak hanya di Lapas Kelas 1 Surabaya, tetapi hampir tiap lapas/rutan sudah diisi warga binaan melebihi kapasitas ideal lapas.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Pargiyono mengatakan pihaknya akan berusaha mengurangi dampak buruk yang dihasilkan.

"Kita akan selalu pantau terus perkembangan jumlah hunian tiap harinya. Dari 39 lapas/rutan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jawa Timur sudah mendekati 26.858 orang. Sedangkan kapasitas sebenarnya adalah 12.358 orang," jelasnya, Sabtu (19/01/2019) saat menemani kunjungan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Ia mengatakan ada beberapa langkah penting yang dilakukan untuk mengurangi kelebihan kapasitas warga binaan.

Dengan cara meningkatkan program pembinaan berupa pemenuhan hak warga binaan seperti Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Remisi.

"Dan juga melakukan langkah redistribusi penghuni lapas/rutan. Yaitu memindahkan beberapa warga binaan yang kapasitas nya sudah benar benar melebihi batas untuk dipindah ke lapas/rutan yang masih tidak terlalu penuh kapasitasnya. Supaya warga binaan pun juga merasa nyaman tidak terlalu berdesakan," tambahnya.

Ia pun juga mengungkapkan pada tahun 2019 ini akan membangun Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya.

Dan untuk bangunannya sendiri akan berdiri di samping Lapas Kelas 1 Surabaya.

"Nantinya jika sudah berdiri dapat menampung hingga 300 warga binaan perempuan. Karena Rutan Perempuan yang masih menumpang di Rutan Medaeng juga sudah melebihi kapasitas hingga 174 orang dari idealnya 43 orang. Anggarannya sendiri ada sekitar Rp 26 miliar dan untuk pelaksanaan pembangunan dilaksanakan secara multiyears," tandasnya. (Kukuh Kurniawan)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved