Citizen Reporter

Sensasi Pecel Bunga Kecombrang ala Purwokerto, Aroma Khasnya Tambah Selera Makan

Pecel Purwokerto disajikan dengan potongan ketupat bukan nasi. Kemudian sambal kacangnya lebih cair sehingga tampilan pecel tampak sedikit berkuah.

Sensasi Pecel Bunga Kecombrang ala Purwokerto, Aroma Khasnya Tambah Selera Makan
foto: istimewa
Pecel Bunga Kecombrang ala Purwokerto. 

SEGARNYA berbagai macam sayuran diguyur gurihnya sambal kacang adalah sebagian kenikmatan pecel. Makanan yang syarat dengan nilai gizi ini cocok dimakan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Warung pecel pun mudah ditemui di berbagai tempat. Oleh karena itu, pecel merupakan makanan favorit sebagian besar orang.

Makanan khas Madiun itu memiliki versi berbeda di setiap daerah. Biasanya untuk menambah aroma segar pada menu pecel akan ditambahkan cacahan mentimun, daun jeruk, dan kecambah, ada pula yang ditambahkan dengan petai cina.

Lain halnya di Purwokerto. Pecel dipadu dengan bunga kecombrang. Bunga kecombrang yang berwarna merah direbus utuh, kemudian saat penyajian akan ditambahkan beberapa helai mahkota bunga kecombrang pada pecel. Aroma khas bunga kecombrang akan meningkatkan selera makan.

Ketika sudah di mulut, sehelai mahkota bunga kecombrang langsung dapat menguasai indera perasa. Rasanya sedikit pedas serta aroma wangi khas bunga kecombrang dipadu dengan sayur dan sambal kacang akan memberikan sensasi berbeda di lidah.

Perbedaan pecel khas Purwokerto dengan pecel lainnya adalah asupan karbohidratnya.

Pecel Purwokerto disajikan dengan potongan ketupat bukan nasi. Kemudian sambal kacangnya lebih cair sehingga tampilan pecel tampak sedikit berkuah.

Rasa sambalnya, sebagaimana cita rasa makanan Jawa Tengahan lebih manis daripada sambal pecel Jawa Timuran.

Dari segi kulupan atau sayurannya hampir sama dengan pecel pada umumnya, namun ada yang menambah kesegaran yakni potongan buah pepaya muda. Buah pepaya muda dipotong korek api dan direbus tidak terlalu lembek.

Yummi… ini enak sekali. Ditambah dengan lauknya tempe medoan khas Purwokerto yang masih hangat, hm….

Di Purwokerto, pecel dapat ditemui di pasar tradisional ataupun di warung-warung rumahan. Bila Minggu, di area Sunday Morning GOR Satria Purwokerto, menu pecel ini banyak dijajakan dan menjadi pilihan utama pengunjung.

Seporsi pecel dengan mendoan atau bakwan dibanderol dengan harga Rp 9.000. Porsi itu akan menyenangkan lidah dan mengenyangkan perut penikmatnya.

Laili Nuryana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Prajabatan
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
lailiyana.ly@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved