Berita Sidoarjo

Diguyur Hujan, Jalan Raya Porong Berubah Menjadi Seperti Sungai

Jalan ini memang sudah lama menjadi langganan banjir. Sepanjang Januari 2019 saja, sudah dua kali banjir merendam Jalan Raya Porong

Diguyur Hujan, Jalan Raya Porong Berubah Menjadi Seperti Sungai
SURYA.co.id/M Taufik
Sebuah truk yang memaksa melintasi banjir di Jalan Raya Porong Sidoarjo, Sabtu (19/1/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Jalan Raya Porong Sidoarjo berubah seperti sungai. Semua ruas jalan di sisi kanan dan kiri terendam air dengan ketinggian sekitar 70 centimeter, Sabtu (19/1/2019).

Jalan penghubung Surabaya-Malang yang berada di sebelah Tanggul Lumpur Sidoarjo dekat pintu tol Tanggulangin itupun ditutup total. Semua kendaraan dari arah Surbaya atau arah Malang dialihkan ke jalur arteri Porong.

Banjir yang merendam kawasan ini terjadi sejak Jumat (18/1/2019) malam. Setelah hujan deras mengguyur, jalan terendam air dengan ketinggian sekira 20 - 30 centimeter.

Awalnya yang terendam hanya jalan di sisi timur. Namun debit air terus bertambah hingga jalur sebelah barat juga ikut terendam. Ketinggian air terus meningkat sampai Sabtu sore.

"Sejak Jumat malam tadi sudah banjir dan banyak kendaraan mogok. Terutama sepeda motor," kata Ardian, warga yang melintas di sana Jumat malam.

Karena air semakin tinggi, petugas kepolisian pun menutup jalur tersebut. Jumat malam, jalan ditutup dari dua arah. Tapi ternyata masih ada juga yang nyelonong untuk berusaha menerjang genangan air di sana.

Seperti yang dilakukan truk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Sabtu siang. Usai membuang  sampah di TPA Jabon, kendaraan itu hendak kembali ke kantor DLHK, dan memilih melewati jalan yang sedang banjir.

Alhasil, truk warna merah itupun mogok di tengah genangan air. Sang supir, Fahruddin, berusaha mendorongnya, tapi tetap tidak mampu.

Diakuinya sudah ada beberapa orang memperingatkan agar tidak menerjang banjir, tapi dirinya tetap nekat. "Sudah diingatkan untuk lewat arteri Porong. Harusnya lewat sana aja, daripada seperti ini," keluh dia.

Jalan ini memang sudah lama menjadi langganan banjir. Sepanjang Januari 2019 saja, sudah dua kali banjir merendam Jalan Raya Porong. Pertama pada 9 Januari lalu, dan sekarang.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved