Berita Gresik

Gresik Seharian Dilanda Hujan, Wilayah Kepatihan, Menganti, Terendam Banjir

Hujan yang melanda Gresik dari sore hingga malam Kamis (17/1/2019) kemarin membuat Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, terendam banjir

Gresik Seharian Dilanda Hujan, Wilayah Kepatihan, Menganti, Terendam Banjir
istimewa
Ruas Jalan Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik terendam banjir, Jum'at (18/1/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Hujan yang melanda Gresik dari sore hingga malam Kamis (17/1/2019) kemarin membuat Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, terendam banjir. Saluran air desa tidak mampu berfungai normal, akibat tidak dapat menampung debit air yang cukup tinggi lantaran intensitas hujan semalaman.

Hingga Jumat (18/1/2019) dinihari, warga mulai berjaga-jaga, air yang sudah mencapati ketinggian 50 cm agar tidak masuk ke rumahnya. Mereka rela begadang, membuang air yang mulai menggenangi teras menggunakan alat seadanya.

Milan (70) warga Kepatihan mengatakan, hujan yang mengguyur sejak kamis sore hingga jum'at dinihari membuat jalan banjir.

"Kamis kemarin air sudah mulai naik," katanya.

Hingga Jumat pagi, banjir masih merendam ruas jalan desa. Hal ini membuat pengendara roda dua kerap menuntun motornya agar tidak mogok.

Ia berharap saluran air segera diperbaiki karena setiap hujan selalu timbul genangan. Jika intensitas hujan tinggi membuat warga was-was akan datangnya banjir.

Menurutnya, dulu setiap musim hujan tidak separah sekarang. Hal ini dikarenakan minimnya daerah resapan yang berubah menjadi industri membuat genangan air tidak cepat surut.

"Saluran air perlu diperlebar juga biar airnya lancar," tambahnya.

Anggota DPRD Gresik, Ruspandi Sunaryo mengatakan pihaknya ingin mencari tahu apakah perusahaan yang berada di dekat Desa sudah menerapkan aturan pembangunan saluran air.

"Kalau belum kita tinjau ulang," kata Ruspandi.

Ia juga meminta Dinas PU untuk meninjau saluran air yang ada di Desa Kepatihan, agar setiap musim hujan tidak selalu menjadi langganan banjir.

Laporan wartawan Tribunjatim.com, Willy Abraham

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved