Berita Blitar

3 Rumah Warga Kabupaten Blitar Tertimpa Longsor Akibat Hujan Deras Semalaman

3 rumah warga dan satu kandang sapi di Blitar diterjang tanah longsor, hingga menyebabkan 1 rumah rusak parah dan 2 rumah lagi kemasukkan lumpur.

3 Rumah Warga Kabupaten Blitar Tertimpa Longsor Akibat Hujan Deras Semalaman
surya/imam taufiq
Rumah nenek Marem, warga warga Dusun/Desa Krisik RT 01/RW 04, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, yang tertimpa tanah longsor. 

SURYA.co.id | BLITAR - Hujan deras yang berlangsung seharian di Dusun/Desa Krisik RT 01/RW 04, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, kemarin, Kamis (17/1) malam, membawa bencana. Tiga rumah warga dan satu kandang sapi diterjang tanah longsor, hingga menyebabkan satu rumah rusak parah dan dua rumah lagi kemasukkan lumpur.

Akibatnya, Jumat (18/1) dini hari kemarin, para pemilik rumah itu, di antaranya, nenek Marem (64), Wanto (56), dan Ngatemin (69), diungsikan. Sebab, dikhawatirkan terjadi longsor susulan karena hujan tak kunjung reda hingga malam hari, dan ditambah tanah perengan yang ada di belakang rumah mereka itu kondisinya sudah cukup label.

Meski tak ada korban jiwa, para korban itu ketakutan menempati rumahnya sebelum ada perbaikan. Sebab, kondisinya rusak parah sehingga butuh bantuan perbaikan dari Pemkab Blitar.

Seperti rumah nenek Marem, rumah klenengan (separo temboknya dari batu dan atasnya papan) itu ambruk akibat tertimpa tanah longsor

"Untungnya, saat kejadian itu, para pemilik rumah sudah mengantisipasinya. Sebab, hujan tak kunjung reda hingga malam hari, sehingga mereka sudah khawatir terjadi sesuatu yang tak diinginkan," papar Wawan Gunawan, Kades Krisik.

Ternyata, kekhawatiran mereka itu terbukti. Tepat pukul 18.30 WIB, terjadi tanah longsor bersamaan hujan deras. Mengetahui hal itu, mereka langsung berlarian ke luar rumah, untuk menyelamatkan diri.

"Kerja bakti baru dilakukan Jumat pagi. Sebab, pada malam hari itu, warga tak ada yang berani karena selain gelap, hujan belum reda," ungkapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Blitar, Heru Irawan, mengatakan pihaknya sudah mengecek ke lokasi.

Ternyata, ketiga itu sudah tak bisa diperbaiki dan akan diusulkan untuk segera mendapat bantuan perbaikan.

"Untuk sementara, mereka tinggal di rumah saudaranya dulu, sampai ada perbaikan. Dan, kami sarankan, agar tak nekat menempatinya," tandas Heru.

Penulis: Imam Hidayat
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved