Citizen Reporter

Pentas Seni SDI Surya Buana Malang: Kenali Budaya Lokal dan Luar

Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan pentas seni sekaligus dengan pengambilan rapor murid yang berlangsung Sabtu (15/12/2018).

Pentas Seni SDI Surya Buana Malang: Kenali Budaya Lokal dan Luar
foto:istimewa
Pentas seni SDI Surya Buana Malang dalam rangka Haflah Nisfu Sanah dan Pengambilan Rapor di Gedung Soeharto Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 

PENTAS SENI merupakan kegiatan yang menampilkan suatu pertunjukan yang berkaitan dengan kesenian seperti tarian, musik, dan sebagainya.

Biasanya pentas seni diadakan di sekolah-sekolah. Berkaitan dengan penyelenggaraan acara pentas seni, tentunya setiap sekolah memiliki konsep masing-masing dan kekhasannya sendiri.

SDI Surya Buana Malang mengadakan Haflah Nisfu Sanah dan Pengambilan Rapor yang bertempat di Gedung Soeharto Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Pentas itu bertema Jelajah Dunia dengan Menggapai Cita Mewujudkan Generasi Milenial yang Berakhlakul Karimah. Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan pentas seni sekaligus dengan pengambilan rapor murid yang berlangsung Sabtu (15/12/2018).

Pentas seni yang bersamaan dengan pengambilan rapor ini dilaksanakan pada semester ganjil setiap tahunnya.

Tujuan pentas seni itu untuk mempererat hubungan orang tua dan sekolah serta menunjukkan bakat dan minat peserta didik. Rangkaian acara dibuka dengan beragam pentas seni yang ditampilkan para murid kelas 1-5.

Pada pentas seni kali ini terdapat hal yang cukup unik, yaitu penampilan yang dipentaskan tidak hanya budaya lokal, tetapi budaya luar pun turut ditampilkan. Budaya luar yang ditampilkan yaitu, fashion show pakaian adat dari beberapa negara seperti Tiongkok dan Malaysia, pertunjukan drama kolosal yang mengangkat kisah Firaun dari Mesir, juga pementasan barongsai.'

Selain budaya luar, terdapat pula beberapa budaya lokal yang dpentaskan, yaitu fashion show pakaian adat Indonesia dari daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan. Tari-tarian Indonesia pun dipentaskan seperti tari Saman, tari Ampar-ampar Pisang, dan jaranan.

Pementasan budaya lokal itu untuk menjaga keluhuran budaya Indonesia dan melestarikannya. Pertunjukan juga dilombakan dengan mengambil beberapa nominasi.

Penampilan para murid ini sungguh menarik perhatian karena mereka tampil dengan ceria. Mereka telah mampu membawakan pentas seni dengan memukau dan cukup kompak.

“Kesan yang didapat dari acara ini sungguh membanggakan dan menarik. Diharapkan semoga acara ini terus berlanjut dan lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Emilia, salah seorang wali murid SDI Surya Buana.

Fika Aghnia Rahma
Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang
fikaaghnia72@gmail.com

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved