Berita Surabaya

Kelenjar Ini yang Menghasilkan Minyak pada Kulit Penyebab Jerawat

Jerawat dapat terjadi karena ada kelainan pada kelenjar kulit, yakni kelenjar sebaceus yang menghasilkan minyak pada kulit

Kelenjar Ini yang Menghasilkan Minyak pada Kulit Penyebab Jerawat
Tribun Pontianak
ilustrasi jerawat 

SURYA.co.id | SURABAYA - Jerawat dapat terjadi karena ada kelainan pada kelenjar kulit. Hal itu disampaikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin RSUD dr Soetomo, Dr dr Muhammad Yulianto Listiawan SpKK(K), Selasa (15/1/2019).

Kelenjar pada kulit tersebut ialah kelenjar sebaceus. Muhammad Yulianto Listiawan mengatakan kelenjar sebaceus yang berpangkal di kulit bagian bawah ini berfungsi memberikan minyak pada kulit.

Minyak tersebut menjaga air di bawah kulit tidak cepat hilang. Namun, apabila minyak yang diproduksi sangat besar, akan terjadi pembekuan pada kelenjar.

"Jika pembekuan terjadi pada kelenjar paling bawah maka jerawat yang muncul kan kecil. Jika pembekuan terjadi pada bagian semakin atas, maka jerawat yang muncul akan semakin besar," katanya.

Adapun tingkat keparahan jerawat, diakibatkan karena infeksi pada jerawat itu sendiri. Semakin terinfeksi maka kondisi semakin parah seperti bernanah.

Mengapa kelenjar sebaceus memprodusi minyak dalam jumlah banyak?

Muhammad Yulianto Listiawan ungkap ada berbagai faktor.

"Di antaranya kerena hormon dan asupakan makanan," jelasnya.

Laporan wartawan TribunJatim.com, Christine Ayu Nurchayanti

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved