Lapor Cak

Dalam Kabin Pesawat hanya Boleh Ada Satu Tas dengan Berat Maksimum 7 Kg

Pembatasan barang bawaan atau tas ke dalam kabin juga akan dibatasi. Penumpang hanya boleh membawa satu tas.

Dalam Kabin Pesawat hanya Boleh Ada Satu Tas dengan Berat Maksimum 7 Kg
surya.co.id/nuraini faiq
Aktivitas penumpang di Bandara Juanda Surabaya, Selasa (15/1/2019). Penumpang menolak rencana pemberlakuan biaya bagasi oleh sejumlah maskapai. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tidak hanya pengenaan beban biaya bagasi bagi setiap penumpang di sejumlah maskapai bertarif murah. Pembatasan barang bawaan atau tas ke dalam kabin juga akan dibatasi. Penumpang hanya boleh membawa satu tas.

Setidaknya ini yang berlaku untuk Lion. Sebagaimana penjelasan pihak Lion, baik Lion Air maupun Wings Air akan memberlakukan kebijakan baru terkait barang bawaan penumpang. 

 "Kami saat ini masih sosialisasi atas kebijakan baru itu. Semua bergantung pusat untuk merespons reaksi penumpang atau masyarakat," kata Area Manajer Lion Surabaya Kholid Widodo, Selasa (15/1/2019). 

Lion memberlakukan aturan biaya barang bawaan itu untuk penerbangan domestik. Kholid menuturkan bahwa Lion Air tidak berlaku bagasi cuma-cuma 20 kg per penumpang yang selama ini berlaku. 

Sementara seluruh penerbangan domestik Wings Air tidak diberlakukan bagasi cuma-cuma 10 kg per penumpang. "Terus kami sosialisasikan," kata Kholid. 

Selain itu, ketentuan bagasi kabin juga dibatasi. Setiap calon penumpang hanya boleh membawa satu bagasi atau tas dengan berat maksimum 7 kg. Ditambah satu barang pribadi (personal item)  

Barang pribadi itu seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, binocular, tas jinjing wanita (hand luggage). Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm. 

Pengguna jasa Lion Air dan Wings Air yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (tour and travel). Bisa juga ke website Lion Air dan kantor penjualan tiket Lion Air Group. 

Menurut Kholid, kelebihan pre-paid baggage bagi calon penumpang adalah harganya yang terjangkau. Lebih hemat bersamaan pembelian tiket (issued ticket) atau sesudah pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan. 

Lion memberlakukan Setiap pelanggan yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih dari ketentuan bagasi perorangan akan kena biaya tambahan. Yakni  lebih dari 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved