Berita Blitar

Kota Blitar Punya Wisata Ini Sebagai Primadona Setelah Makam Bung Karno

Kota Blitar Punya Wisata Ini Sebagai Primadona Setelah Makam Bung Karno. Makam Bung Karo masih menjadi faforit bagi wisatwan.

Kota Blitar Punya Wisata Ini Sebagai Primadona Setelah Makam Bung Karno
Surabaya.Tribunnews.com/Samsul Hadi
Suasana pengunjung di tempat wisata Makam Bung Karno, Kota Blitar. Wisata Makam Bung Karno tetap menjadi primadona yang banyak dikunjungi wisatawan. Kota Blitar Punya Wisata Ini Sebagai Primadona Setelah Makam Bung Karno  

SURYA.co.id | BLITAR -  Kota Blitar masih mengandalkan Makam Bung Karno (MBK) sebagai tempat wisata bagi wisatawanMakam Bung Karno menjadi lokasi primadona bagi pengunjung yang menyambangi Kota Blitar sepanjang 2019.

Setelah Makam Bung Karno, tempat wisata lain yang jadi primadona pengunjung dan paling banyak dikunjungi wisatawan, yaitu, Istana Gebang dan Taman Kota Kebonrojo.

Melihat geliat wisata terus meningkat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar menargetkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Blitar naik tiga persen pada 2019 ini.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mencatat, sepanjang 2018 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung di Kota Blitar mencapai sekitar 3,5 juta orang.

"Tahun ini (2019), kami targetkan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Blitar naik tiga persen dari tahun sebelumnya (2018)," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Triman Prasetyono, Minggu (13/1/2019).

Triman mengatakan, tempat wisata yang paling bayak dikunjungi wisatawan tetap Makam Bung Karno (MBK).

Menurutnya, wisata MBK masih menjadi primadona di Kota Blitar

"Destinasi wisata di Kota Blitar memang wisata kebangsaan. Tempat wisata yang menjadi andalan yaitu Makam Bung Karno dan Istana Gebang," ujar Triman.

Selain dari lokal Jawa Timur, para pengunjung kebanyakan berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Biasanya, para pengunjung dari Jawa Tengah dan Jawa Barat ini melakukan kunjungan wali di Jawa Timur. Setelah melakukan kunjungan wali di Jatim, para pengunjung mampir ke Makam Bung Karno.

"Bagi masyarakat luar Jatim, kalau sedang melakukan kunjungan wali di Jatim, rasanya kurang lengkap jika tidak mampir ke Makam Bung Karno," kata Triman.

Dikatakannya, dinas juga terus menambah dan membenahi fasilitas di sejumlah tempat wisata untuk menarik para wisatawan. Saat ini, di tempat wisata Makam Bung Karno sudah ditambahi kawasan untuk pejalan kaki atau City Walk. Jalan di depan makam disterilkan untuk kendaraan. Hal itu dilakukan untuk kenyamanan para pengunjung.

Sedangkan di Istana Gebang, dinas juga baru selesai membangun areal parkir di sisi barat lokasi. Areal parkir itu dilengkapi dengan kamar mandi, musala, dan kios kuliner serta souvenir khas Kota Blitar.

"Tahun ini, kami juga berencana membangun tempat parkri di tempat wisata Water Park Sumber Udel," ujarnya.

Menurutnya, saat ini juga mulai berkembang sejumlah tempat wisata buatan di Kota Blitar. Misalnya, wisata Kampung Afrika, wisata Kampung Batok, wisata Kampung Belimbing, dan Fish Garden. Sejumlah tempat wisata buatan ini juga dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan di Kota Blitar.

"Kami berharap sejumlah tempat wisata buatan ini juga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan di Kota Blitar," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved