Berita Jember

Wajib Waspada Saat Melintas di Gunung Gumitir, Rawan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang

Sebuah pohon tumbang, menutupi badan jalan di jalur Gunung Gumitir, setelah kawasan Watu Gudang dari arah barat atau arah Jember - Surabaya.

Wajib Waspada Saat Melintas di Gunung Gumitir, Rawan Tanah Longsor dan Pohon Tumbang
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Petugas saat memotong pohon yang tumbang di Gumitir 

SURYA.co.id | JEMBER - Pengendara sebaiknya mewaspadai pohon tumbang dan tanah longsor saat melintasi jalur Jember - Banyuwangi di titik Gunung Gumitir. Sebab jalan nasional penghubung dua kabupaten, juga termasuk jalur selatan penghubung Jawa - Bali itu rawan pohon tumbang dan tanah longsor di musim penghujan.

Seperti yang terjadi pada Sabtu (12/1/2019) sore di jalur tersebut. Sebuah pohon tumbang, menutupi badan jalan di jalur Gunung Gumitir, setelah kawasan Watu Gudang dari arah barat atau arah Jember - Surabaya.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 Wib, dan hingga pukul 17.00 Wib, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember masih membersihkan titik pohon tumbang tersebut.

"TRC masih membersihkan pohon yang tumbang. Kami minta pengendara berhati-hati melintasi Gunung Gumitir, terutama di waktu musim penghujan seperti sekarang karena rawan pohon tumbang dan tanah longsor," ujar M Rasyid Zakaria, Kepala BPBD Jember.

Pohon tumbang itu tidak sampai menimbulkan korban. Namun membuat kemacetan parah di jalur penghubung dua kabupaten tersebut.

Bahkan pihak Polsek Kalibaru, Banyuwangi melalui pesan di dinding Facebook 'Polsek Kalibaru' menyarankan supaya pengendara yang melintas dari arah Banyuwangi/Bali atau arah timur Jember untuk beristirahat sementara di rest area Kalibaru. Sebab ada pohon tumbang di kawasan Watu Gudang yang membuat kemacetan total di jalur tersebut. Pesan itu diunggah sekitar pukul 14.00 Wib melalui laman komunitas Info Warga Jember.

Pohon tumbang tersebut terjadi saat kawasan itu diguyur hujan lebat yang mengguyur Gumitir dan sekitarnya. Dari pantauan Surya, beberapa kecamatan di Jember diguyur hujan lebat dan ada yang disertai dengan angin kencang.

BPBD Jember bersiaga dengan memantau sejumlah daerah aliran sungai di Kabupaten Jember, juga sejumlah kecamatan di lereng Gunung Argopuro yang rawan terjadi longsor

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved