Berita Pendidikan

Dua Ustad Muda Hadiri Milad Ke-44 SMAMDA Surabaya: Ditanya soal Nikah Muda dan Hukum Pacaran

Pertanyaan itu dilontarkan Rayhan Febrianto G, siswa Kelas 12 MIPA, kepada Ustad muda Zamzam Zainal Muttaqin yang jadi tamu Milad SMAMDA ke-44.

Dua Ustad Muda Hadiri Milad Ke-44 SMAMDA Surabaya: Ditanya soal Nikah Muda dan Hukum Pacaran
SURYAOnline/Pipit Maulidiya
Ustad Zamzam (baju hitam) saat sesi tanya jawab dalam Milad ke-44 SMAMDA Surabaya, Jumat (11/1/2019). 

SURYA.co id | SURABAYA - Tawa siswa - siswi SMA Muhammadiyah 2 (SMAMDA) Surabaya di lapangan belakang sekolah terdengar riuh, kala seorang siswa bertanya soal nikah muda.

Pertanyaan itu dilontarkan Rayhan Febrianto G, siswa Kelas 12 MIPA, kepada Ustad muda Zamzam Zainal Muttaqin yang jadi tamu perayaan Milad SMAMDA ke-44 tahun tersebut.

"Ustad, bagaimana cara meyakinkan orangtua bahwa nikah muda, tidak seburuk yang mereka pikirkan?" tanya Rayhan kepada Ustad Zamzam yang sempat viral di media sosial, karena menikah di usia 20 tahun bersama Kayla Nadira 17 tahun, Jumat (11/1/2019).

Usai sorak ramai para siswa, pertanyaan tersebut akhirnya mendapatkan jawaban. Ustad yang hafidz Al Quran di usia muda itu pun menceritakan latar belakangnya sehingga mendapat izin nikah muda dari orangtua dan keluarga.

"Sebenarnya di keluarga saya, nikah muda bukan hal baru. Karena sebagian besar keluarga kami menikah di usia muda. Paling tua itu menikah di usia 23 tahun, makanya saya tidak susah mendapat izin orangtua dan keluarga," cerita Ustad Zamzam.

Pria kelahiran Garut ini mengatakan syarat yang orangtua ajukan saat ingin nikah muda adalah salat istiqoroh.

"Waktu itu umi saya kaget, tapi beliau meminta saya istiqoroh. Karena hasilnya baik jadilah saya menikah di usia 20 tahun. Lalu bagaimana dengan keluarga yang tidak biasa dengan hal tersebut? Ya yakinkan orangtua. Selama itu tidak menghalangi kita mencari ilmu," jawab Ustad Zamzam.

Selain itu, alasan menikah muda menurut Ustad Zamzam adalah untuk menghindari berbuat dosa dan zina.

"Boleh pacaran, siapa yang bilang tidak boleh. Tapi kalau sudah halal. Kalau belum bisa halal, jadi Ijo Mapan dulu, Ikatan Jomblo Menjemput Masa Depan," tegasnya disambut tepuk tangan audien.

Acara bertajuk Behind The True Muslim atau Rahasia Muslik Sejati itu berlangsung mulai pukul 13.00 WIB usai salat Jumat.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved