Berita Jombang

Di Tangan Eko Cahyono, Kayu Bakar Hutan Disulap Jadi Barang Kerajinan Bernilai Ekonomi

Di tangan Eko Cahyono, warga Jombang, kayu kering yang bisa dijadikan kayu bakar, disulap jadi kerajinan bernilai seni dan bernilai jual.

Di Tangan Eko Cahyono, Kayu Bakar Hutan Disulap Jadi Barang Kerajinan Bernilai Ekonomi
surabaya.tribunnews.com/sutono
Eko Cahyono, perajin kayu hutan di Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Jombang, memberi sentuhan akhir pada kerajinan tangan (handycraft) berbahan kayu kering limbah hutan, yang biasanya digunakan kayu bakar. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Bagi kebanyakan masyarakat yang tinggal sekitar hutan Wonosalam, Kabupaten Jombang, kayu limbah yang sudah kering di hutan setempat umumnya dimanfaatkan sebagai kayu bakar

Namun tidak demikian dengan Eko Cahyono (42), warga Dusun/Desa Sumberjo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Di tangannya, kayu hutan kering disulap jadi produk kerajinan tangan yang memiliki nilai seni dan ekonomi.

Ditemui di kediamannya, Eko Cahyono tampak sedang melakukan sentuhan akhir atas dua buah kerajinan tangan (handicraft) berbahan kayu garapannya, berbentuk replika tumbuhan straberry dan replika bonsai.

Tangannya dengan cekatan menghaluskan vernis di batang dari replika bonsai yang dikerjakannya. Dia juga merapikan buah-buah strawberry berbahan kayu yang dicat merah, agar lebih menyerupai aslinya.

"Tidak terlalu sulit sebenarnya. Cuma butuh ketelatenan, ketelitian, kesabaran dan tentu saja ada jiwa seni," kata Eko Cahyono, kepada Surya.co.id, Jumat (11/1/2019).

Eko mengaku bahan bakunya potongan dan bonggol kayu limbah kering yang banyak dijumpai di hutan dekat tempat tinggalnya. Dia mengaku menggunakan berbagai jenis kayu, namun yang utama jenis jati, sono dan bambu.

Saat tergeletak di hutan, bahan-bahan tersebut semula tidak menarik. Dan seakan hanya layak dijadikan kayu bakar untuk menyalakan tungku di dapur.

Namun setelah dikelupas dan dibersihkan kulitnya, mulai tampak keunikan masing masing kayu. Eko biasanya membuat hiasan untuk pajangan rumah.

Mulai dari replika bunga, bonsai, sampai dengan kerajinan lampu tidur berhiaskan bunga-bunga. Bahan baku utamanya, ya itu tadi, kayu kering limbah dari hutan.

Halaman
123
Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved