Berita Sidoarjo

Mal Pelayanan Publik Sidoarjo Mulai Beroperasi

Mal Pelayanan Publik Sidoarjo yang adadi Jl Lingkar Timur, Sidoarjo, mulai beroperasi, Kamis (10/1/2019). Apa saja yang bisa dilayani?

Mal Pelayanan Publik Sidoarjo Mulai Beroperasi
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Suasana uji coba Mal Pelayanan Publik Sidoarjo, Kamis (10/1/2019). 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Mal Pelayanan Publik Sidoarjo yang adadi Jl Lingkar Timur, Sidoarjo, mulai beroperasi, Kamis (10/1/2019).

Kendati masih tahap uji coba, sejumlah loket telah resmi dibuka dan bisa melayani masyarakat.

Di antaranya adalah layanan Samsat, SIM, SKCK, Imigrasi, Badan Pendapatan Daerah, BPN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, PDAM, Kejaksaan, Kementrian Agama, Bank Jatim, Telkom, PLN, dan sejumlah layanan lain.

"Sementara, kami buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB karena masih uji coba. Nanti kalau sudah beroperasi maksimal, kami menyesuaikan jam operational mal," Jawab Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Fahrial Saleh Siregar saat ditanya tentang layanan SIM dan Samsat di sana.

Direncanakan, Mal Pelayanan Publik itu benar-benar beroperasi atau dilaunching secara keseluruhan pada 29 Januari 2019 mendatang. Dijadwalkan, launching bakal dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan).

"Kami mengapresiasi dibukanya Mal Pelayanan Publik Sidoarjo. Ini sesuai dan sejalan dengan program pemerintah dalam memberikan kemudahan layanan kepada masyarakat," kata Diah Natalisa, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan yang hadir dalam soft launching Mal Pelayanan Publik Sidoarjo, Kamis siang.

Menurutnya, gedung serbaguna atau SSC yang dipakai intuk mal layanan publik ini cukup bagus dan memadai. Pihaknya pun berpesan, infrastruktur pendukung seperti fasilitas parkir, kebersihan, dan keamanan harus selalu dijaga.

"Pelayanan juga harus tetap maksimal, untuk mewujudkan zona integritas," sambung dia.

Pihaknya menyarankan agar meminimalisir transaksi tunai, serta pemahaman dan penyusunan SOP harus dilakukan supaya terbentuk sebuah kemudahan dan tranparasi.

Sementara menurut Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, tujuan utama dibukanya mal pelayanan Publik memang untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

"Semua pelayanan dipusatkan di tempat ini, jadi masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan berbagai pengurusan dokumen atau sebagainya yang dibutuhkan di satu tempat," kata bupati.

Disampaikam, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo merupakan realisasi dari penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkab Sidoarjo dan para peserta atau sejumlah intansi lain yang membuka layanannya di sana.

Kesepakatan itu ditandatangani Desember lalu, dan sekarang mal sudah mulai uji coba. "Selama masa uji coba ini, akan terus dilakukan evaluasi. Kekurangan-kekurangannya bakal dilengkapi," sebut dia.

Selain layanan publik, dikatakannya bahwa Sidoarjo juga bakal melengkapi Mal Pelayanan Publik dengan pusat perbelanjaan, kuliner, dan sebagainya. Semua jadi satu dalam satu gedung.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved