Berita Sidoarjo

Enceng Gondok Tumbuh Lebat di Sungai Cantel Sidoarjo, Warga Khawatir Jadi Penyebab Banjir

Tanaman enceng gondok tumbuh lebat di Sungai Cantel di Desa Tambak Sawah, Sidoarjo

Enceng Gondok Tumbuh Lebat di Sungai Cantel Sidoarjo, Warga Khawatir Jadi Penyebab Banjir
tribunjatim.com/kukuh kurniawan
Sungai Cantel Tambak Sawah, Sidoarjo, yang dipenuhi enceng gondok 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Tanaman enceng gondok tumbuh lebat di Sungai Cantel di Desa Tambak Sawah, Sidoarjo, Kamis (10/1/2019). Tanaman ini berpotensi menghambat arus air yang pada akhirnya akan membuat sungai meluap banjir ketika hujan.

Penjaga pompa air Tambak Sawah, Samsudin mengatakan beberapa waktu lalu enceng gondok ini masih belum tumbuh besar, sehingga aliran airnya masih lancar meski agak sedikit terhambat.

"Namun, kini enceng gondoknya sudah makin membesar. Apalagi di saat musim hujan seperti ini, tumbuhnya lebih cepat," kata Samsudin kepada TribunJatim.com (grup surya.co.id).

Samsudin menuturkan saat enceng gondok ini masih kecil bisa mengapung dan berpindah tempat jadi aliran sungai masih bisa mengalir.

Kini, aliran airnya tidak bisa lancar seperti dulu karena enceng gondok tersebut sudah besar dan jarak nya terlalu rapat.

Ia mengkhawatirkan apabila dibiarkan, enceng gondok tersebut terjebak di bawah jembatan jalan raya.

Jika ada aliran air deras dari Barat ke Timur terhambat dan malah menimbulkan permasalahan baru.

"Sebenarnya pihak terkait sudah menurunkan petugas untuk melakukan penyemprotan agar enceng gondok tersebut mati. Tapi sepertinya percuma, sebab penyemprotannya tidak merata dan tidak semuanya kena semprot," ungkapnya.

Ia menyarankan agar lebih baik diambil satu persatu dengan cara disiangi. Menurutnya, itu cara yang efektif meski butuh waktu lama.

"Ya harapannya segera diselesaikan permasalahan agar nantinya tidak membuat permasalahan baru lagi. Apalagi warga sekitar sampai heran kenapa eceng gondok sudah besar seperti ini tapi dibiarkan," tandasnya.

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved