Lifestyle

Teh Hasil Fermentasi Scoby Berkhasiat untuk Pencernaan, begini Cara Membuatnya

Kombucha atau teh hasil fermentasi scoby bermanfaat untuk sistem pencernaan manusia. Minuman berasal dari teh manis ini bisa Anda buat sendiri.

Teh Hasil Fermentasi Scoby Berkhasiat untuk Pencernaan, begini Cara Membuatnya
Foto:hefty's suud
Veronica Ajeng Larasati, anggota koperasi minuman fermentasi Senandung Sejuk membawa Hotel Scoby milik koperasi tersebut. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kombucha atau teh hasil fermentasi scoby bermanfaat untuk sistem pencernaan manusia. Minuman berasal dari teh manis ini bisa Anda buat sendiri di rumah.

Caranya, siapkan wadah dan masukkan satu lembar scoby (symbiotic culture of bacteria and yest) ke dalamnya.

Sebelumnya buatlah teh manis untuk dituang ke dalam wadah yang sudah berisi scoby.

"Kombucha yang berasal dari teh manis itu disebut starter. Nah nanti si starter dan scobynya bisa dipakai untuk membuat kombucha next batch," ujar Veronica Ajeng Larasati, anggota koperasi minuman fermentasi, Senandung Sejuk, Selasa (8/1/2019).

Ajeng pun mengatakan, setiap proses penggunaan scoby untuk fermentasi akan menghasilkan scoby baru.

Ia menuturkan, Scoby yang telah dipakai untuk fermentasi dan Scoby baru yang dihasilkan dari proses fermentasi sebaiknya dikumpulkan dan dirawat.

Sebab, keduanya masih bisa digunakan kembali untuk membuat teh fermentasi. Kumpulan scoby , dapat menjadi cadangan apabila suatu ketika proses pembuatan kombucha gagal.

Cara merawat kumpulan Scoby atau yang disebut sebagai Hotel Scoby oleh Senandung Sejuk, pertama, jangan meletakkannya dalam wadah plastik.

"Sebaiknya gunakan wadah stainless, kaca juga bisa. Lalu semua peralatan yang digunakan usahakan steril," tutur Ajeng.

Selanjutnya adalah memberi makan scoby dengan teh manis. Sebab, makanan scoby adalah tanin dan gula yang ada di dalam teh.

Apabila scoby sudah semakin bertumpuk, jangan lupa untuk merapikan scoby dengan cara mengguntingnya, agar tidak terlalu tebal.

"Kalau ukuran scoby terlalu tebal dan jumlanya banyak. Khawatirnya oksigen tidak dapat menjangkau scoby yang ada di bagian bawah," ujar Ajeng.

Terkahir adalah membersihkan ragi scoby yang berlebihan setiap dua sampai enam bulan sekali.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keseimbangan komposisi ragi dan bakteri pembentuk scoby.

Tertarik untuk merawat scoby dan membuat kombucha sendiri di rumah? Senandung Sejuk menjual satu layer scoby berukuran sekitar 20 sentimeter seharga Rp 100 ribu. (hefty's suud)

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved