Tanggapi Survei SSC, PDIP Sebut PKB Lebih Banyak Dapat Coattail Effect dari Pilpres 2019

Beberapa partai optimistis mendapat hasil positif di pemilu 2019 mendatang. Terlebih dengan adanya hasil survei terbaru dari SSC terbaru.

Tanggapi Survei SSC, PDIP Sebut PKB Lebih Banyak Dapat Coattail Effect dari Pilpres 2019
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Rilis hasil survey Surabaya Survey Center (SSC) di Surabaya, Rabu (9/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Beberapa partai cukup optimistis mendapat hasil positif di pemilu 2019 mendatang. Terlebih dengan adanya hasil survei terbaru dari Surabaya Survei Centre (SSC) terbaru.

Di antaranya, PDI Perjuangan yang tak memungkiri bahwa mereka berharap mendapat efek ikutan (coattail effect) dari pemilihan presiden (pilpres) pada pemilu serentak mendatang. Meski demikian, mereka menyebut bahwa justru PKB, partai koalisi mereka, yang akan mendapat coattail effect lebih signifikan.

Berdasarkan penjelasan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Wisnu Sakti Buana, adanya sosok Calon Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin, pendamping Calon Presiden Joko Widodo, dinilai akan lebih banyak menguntungkan PKB. "Kami merasa coattail effectnya justru lebih banyak ada di kawan-kawan PKB. Apalagi, nomor paslon (capres-cawapres) sama dengan nomor partai (PKB)," kata Wisnu pada rilis survei SSC, Rabu (9/1/2019).

Meski demikian, Wisnu cukup optimistis untuk menyelaraskan target pemenangan di pilpres dengan partai.

"Namun, ini menjadi tantangan bagi kami. Utamanya, teman-teman PDI P Surabaya yang diharapkan menjadi salah satu lokomotif pemenangan partai di Jatim," tegas Wisnu yang juga Wakil Walikota Surabaya ini.

Punya Elektabilitas Tertinggi Versi SSC, Wisnu Enggan Bicara Pilwali Surabaya 2020

Optimisme serupa disampaikan Partai Gerindra. Sekretaris DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, menilai bahwa hasil survei SSC membuat mereka cukup optimistis dapat menaikkan prosentase perolehan suara dibanding pemilu 2014 silam.

Sadad mengungkapkan, bahwa tiga bulan sebelum pemilu 2014, Gerindra diramal akan mendapat 7 persen suara berdasarkan beberapa lembaga survei. Namun, pada hari H pemungutan suara, justru mendapat 13 persen.

"Berkaca dari itu, kalau kemudian kami di survei saat ini mendapat 13 persen, artinya bisa jadi pada hari H nanti mendapat 25 persen," kata Sadad optimistis.

"Target dari partai jelas. Kami menang di pilpres, dan menaikkan kursi di pileg," tegas pria yang juga menjabat Ketua Harian Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Jatim untuk Prabowo-Sandi ini.

Untuk diketahui, lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya terhadap pemilih partai politik di Jawa Timur. Hasilnya, PDI Perjuangan memimpin persentase dengan 24,2 persen.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved