Rumah Politik Jatim

Survei SSC Terbaru, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jatim Tetap Unggul

Elektabilitas kontestan Pilpres 2019 berdasarkan survei SSC kembali dimenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf

Survei SSC Terbaru, Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di Jatim Tetap Unggul
surya/ahmad zaimul haq
Lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya, Rabu (9/1/2018) jelang pemilu 2019 dengan dihadiri sejumlah politisi lintas partai di Jatim. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Lembaga survei Surabaya Survei Centre (SSC) merilis hasil survei terbarunya jelang Pemilu 20019, Rabu (9/1/2018). Hasilnya, pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul atas pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tingkat keterpilihan atau elektabilitas kontestan Pilpres 2019 survei SSC kembali dimenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Pengamat politik SSC, Surokim Abdussalam, mengungkapkan berdasarkan survei yang dilakukan, elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf sebesar 55,9 persen.

"Dari sisi elektabilitas, Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul, sementara untuk pasangan Prabowo-Sandi ada di angka 32,1 persen. Selisih dari jumlah kedua pasangan itu belum menentukan pilihan," kata Surokim di sela rilis survei di Surabaya.

Surokim menyebut survei dilakukan pada Desember 2018 dengan responden mencapai 1.070 dari seluruh Jawa Timur.

Tingkat kepercayaan survei mencapai 95 persen dangan margin of error sebesar 3 persen.

Tak hanya tingkat keterpilihan, sisi popularitas dan akseptabilitas (keberterimaan) Jokowi juga unggul pada survei tersebut.

Dari 1.070 responden yang ditanyai tentang sisi popularitas dan akseptabilitas keempat kontestan tersebut, Jokowi meraih 97,7 persen dan 89,2 persen untuk tingkat popularitas dan akseptabilitas, sedangkan KH Ma'ruf Amin mendapat 72,2 persen untuk popularitas dan 60,8 persen untuk akseptabilitas.

Berbeda halnya dengan Prabowo dari popularitas dan akseptabilitas yang mendapat 94,5 persen dan 75,5 persen. Kemudian, diikuti Sandiaga dengan 71,6 persen untuk popularitas dan 62,8 persen untuk akseptabilitas.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved