Lapor Cak

Pemkot Surabaya Miliki Truk Pembersih Jalan Sistem Komputer, Beroperasi setelah Operatornya Dilatih

Truk -truk baru itu dalam pengoperasiannya akan menggunakan sistem komputerisasi dan pembersih otomatis.

Pemkot Surabaya Miliki Truk Pembersih Jalan Sistem Komputer, Beroperasi setelah Operatornya Dilatih
surya.co.id/sulvi sofiana
Pemkot Surabaya miliki enam unit truk pembersih jalan protol kini di Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA -  Pemkot Surabaya bakal memiliki peralatan canggih untuk membuat kotanya semakin bersih. Hal itu terlihat dengan keberadaan enam unit truk pembersih baru di Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya.

Truk -truk baru itu dalam pengoperasiannya akan menggunakan sistem komputerisasi dan pembersih otomatis. Truk ini nantinya digunakan untuk membersihkan beberapa jalan protokol Surabaya.

Namun, seperti dituturkan Sekretaris DKRTH Ipong Wisnoewardono, truk baru itu masih belum bisa dioperasikan untuk sementara waktu.

Pasalnya, masih ada tahap pelatihan untuk operator maupun pengemudi truk canggih milik Pemkot ini.

“Kami masih memberi pelatihan kepada beberapa petugas, karena truk ini menggunakan komputer untuk pengoprasiannya. Jadi butuh waktu, pelatihannya harus matang, agar di lapangan berjalan lancar,” kata Ipong, Minggu (6/1/2018)

Truk berkapasitas lima kubik ini diklaim alat yang pertama kali dimiliki Pemkot Surabaya. teks standar.

Selain pembekalan pada petugas operator truk, Ipong mengatakan, DKRTH juga masih menentukan jalan mana saja yang akan dilalui truk ini. Karena melihat fisik truk yang lebarnya kurang lebih sekitar 200 sentimeter akan memakan sebagian jalan dan bisa mengganggu pengendara lain.

Rencananya, DKRTH akan menempatkan truk itu di jalan utama yang memiliki space lebih. Seperti Jalan A Yani, Jalan Raya Ir Soekarno (MERR), Jalan Diponegoro, dan banyak lainnya.

Selain itu, akan ditentukan jam operasional truk itu, agar pembersihan jalan lebih ekfektif dan tidak menyebabkan arus menjadi tersendat.

“Kami tidak buru-buru, SDM kami masih melalui tahap training. Nanti jalur yang digunakan itu rencananya jalan yang lurus memanjang, biar efektif, gak belok-belok gitu,” terang Ipong.

Serupa Vacuum cleaner
Cara kerja truk ini, diungkapkannya, cukup canggih, karena sistem yang diaplikasi pada truk berwarna putih ini serupa dengan vacuum cleaner.

Secara umum, proses pembersihan truk ini cukup hanya dengan menekan beberapa tombol yang terletak di kabin truk. Otomatis sampah yang berada di sekelilingnya akan tersedot masuk ke dalam tabung truk ini.

“Sementara ini, kami masih melakukan uji coba di beberapa tempat yang cocok untuk dilalui truk ini. Rencananya sih nanti kami operasikan setiap hari, dan jam tertentu antara pagi atau malam,” pungkas Ipong.

Selain tahap training dan penentuan arus lalu lintas jalan, nantinya truk akan dioperasionalkan di lima titik di Surabaya. Di bagian Surabaya pusat, timur, barat, utara, dan selatan. 

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved