Rumah Politik Jatim

Rawan Money Politic, Caleg PSI Sebut Transparansi Sumbangan Dana Kampanye Merupakan Keharusan

caleg Partai Solidaritas Indonesia, PSI, Dhimas Anugrah, menilai transparansi pelaporan sumbangan dana kampanye merupakan keharusan

Rawan Money Politic, Caleg PSI Sebut Transparansi Sumbangan Dana Kampanye Merupakan Keharusan
surya/fatimatuz zahro
Caleg DPR RI Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Surabaya Sidoarjo, Dhimas Anugrah, saat turun menyapa masyarakat Embong Malang Surabaya, Sabtu (5/1/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Transparansi pelaporan sumbangan dana kampanye hingga kini masih menjadi topik hangat. Sebagai caleg muda Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk DPR RI, Dhimas Anugrah, mencoba konsisten mencatat dan melaporkan dana sumbangan ke KPU dan ke partai.

Pada Surya, Sabtu (5/1/2019), caleg yang konsen penanganan problem pendidikan ini mengaku kerap menerima sumbangan dari luar dalam menjalankan kampanye.

Sedang dari kantong pribadinya, pria yang juga berstatus sebagai mahasiswa doctor of Philosophy dari Oxford, Inggris, ini mengaku baru mengeluarkan dana sebesar Rp 3 juta saja sejak September 2018 hingga Januari 2019.

Dhimas menilai transparansi pelaporan dana kampanye merupakan keharusan, karena Indonesia terkenal rawan money politics.

Maka pelaporan dana kampanye ini setidaknya melatih para caleg untuk bertanggung-jawab dan tidak sembarangan dalam hal keuangan.

Caleg DPR RI PSI nomor urut 2 dapil Surabaya - Sidoarjo ini membuka diri ketika ditanya apa ia juga menerima dana dari publik.

"Saya baru-baru ini menerima dua kali sumbangan dana kampanye, yang pertama sebesar Rp 3 juta dari warga Jakarta dan yang kedua sebesar Rp 2,5 juta rupiah dari warga Kenjeran Surabaya," katanya.

Bagi Dhimas, dana kampanye para caleg memang perlu diketahui oleh KPU, bahkan masyarakat. Oleh sebab itu para caleg wajib melaporkan aliran dana kampanye mereka.

Yang meliputi laporan awal dana kampanye, sumbangan dana kampanye, dan laporan akhir dana kampanye.

Mekanismenya, para caleg melaporkan dana kampanyenya ke Parpol masing-masing, lalu oleh Parpol laporan dari para caleg tersebut akan dilaporkan secara resmi ke KPU setiap bulannya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved