Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi Gandeng BUMN Kembangkan Kapasitas SDM di Pesantren

Pemkab Banyuwangi bakal menggiatkan kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Pemkab Banyuwangi Gandeng BUMN Kembangkan Kapasitas SDM di Pesantren
surya/istimewa
Kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno di Banyuwangi pada pekan lalu. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi bakal menggiatkan kolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mengembangkan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) di lingkungan pesantren.

Ini merupakan lanjutan dari kunjungan Menteri BUMN Rini Soemarno di Banyuwangi pada pekan lalu.

“Pemerintah pusat di antaranya melalui Kementerian BUMN punya komitmen kuat mendorong pengembangan pesantren. Insya Allah kita akan perkuat kolaborasi dengan BUMN untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM pesantren, khususnya para santri,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di kantornya, Jumat (4/1).

Anas mengatakan, di Banyuwangi selama ini telah rutin digelar Festival Santri untuk memperingati Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Jokowi sejak 2015 lalu.

Rangkaian Festival Santri itu diikuti 10.000 santri Banyuwangi.

Ke depan, hal itu akan dikembangkan lebih komprehensif dengan dukungan BUMN.

Pemkab Banyuwangi ingin mendesain Festival Santri secara lebih terintegrasi, terutama untuk mewujudkan pesantren sebagai kekuatan ekonomi rakyat dan kekuatan ekonomi kaum muda santri.

“Ini bagian upaya membumikan sekaligus mendukung visi pemerintah pusat untuk menjadikan anak-anak muda Indonesia, termasuk santri, sebagai penggerak kekuatan ekonomi,” ujar Anas.

Penguatan ekonomi kaum muda santri tersebut diharapkan Anas berbasis pada pendekatan teknologi sekaligus sebagai ikhtiar untuk memeratakan penetrasi ekonomi digital.

“Karena selama ini ada persepsi bahwa ekonomi digital hanya dimotori kalangan milenial perkotaan. Nah ini anak-anak muda perdesaan, termasuk di dalamnya santri, harus ambil peran,” ujar Anas.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved