Berita Surabaya

Jajanan Jepang Kentang Hitam Panjang Poteto-San Hadir di Royal Plaza

Kentang goreng yang disajikan, disebut-sebut sebagai jajanan khas Jepang, yakni kentang hitam dengan panjang mulai dari 25-28 cm

Jajanan Jepang Kentang Hitam Panjang Poteto-San Hadir di Royal Plaza
surya/delya octovie
Kentang hitam sepanjang 28 cm kini hadir di Poteto-San, Royal Plaza Surabaya. Jajanan ini disebut-sebut sebagai jajanan Jepang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kentang goreng menjadi satu di antara sekian banyak camilan favorit, dan tak jarang dijadikan pengganti nasi. Bila kentang goreng yang selama ini dikenal berwarna kuning dan panjangnya tak sampai 10 cm, lain halnya dengan kentang goreng ala Poteto-San, yakni kentang hitam.

Gerai yang terletak di samping FunWorld, Royal Plaza Surabaya, tersebut menghadirkan kentang goreng dengan wajah berbeda. Kentang goreng yang mereka sajikan, disebut-sebut sebagai jajanan khas Jepang, yakni kentang hitam dengan panjang mulai dari 25-28 cm.

"Ini khas jajanan Jepang, yaitu Long Fries. Tentu langsung bisa dilihat ya bedanya dengan kentang goreng yang biasa kita temui. Kan biasanya kentang goreng itu pendek-pendek, kalau ini panjangnya bisa mencapai 28 cm," tutur Rosaline, pemilik Poteto-San, Jumat (4/1/2019).

Kentang hitam sepanjang 28 cm kini hadir di Poteto-San, Royal Plaza Surabaya. Jajanan ini disebut-sebut sebagai jajanan Jepang.
Kentang hitam sepanjang 28 cm kini hadir di Poteto-San, Royal Plaza Surabaya. Jajanan ini disebut-sebut sebagai jajanan Jepang. (surya/delya octovie)

Kentang goreng lain menurutnya dibuat dari kentang beku yang sudah disimpan di lemari pendingin.

Sedangkan Poteto-San, berasal dari kentang segar yang sudah diberi tepung.

"Ini fresh, kentang asli. Bumbu dan sausnya juga berbeda dari kentang goreng biasanya, yang ini lebih khas Jepang," jelasnya.

Setelah kentang dilumuri tepung dan menjadi adonan, dimasukkan terlebih dahulu ke dalam sebuah cetakan khusus.

Kemudian, cetakan ditekan, dan adonan akan keluar dari lubang-lubangnya, membentuk kentang goreng panjang-panjang.

Ujung-ujung kentang dirapikan, lalu dimasak dengan teknik deep fry.

Selama proses menggoreng, kentang dipisah-pisah supaya tidak lengket satu dengan yang lain dan mengubah bentuknya.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved