Berita Ekonomi Bisnis

Bayar Perpanjangan SIM kini Bisa Pakai T-Cash, selain itu juga Bisa untuk Bayar Dua Layanan ini

Tren pembayaran nontunai merambah pada pembayaran pelayanan di kepolisian. Salah satunya di SIM Corner di mal Tunjungan Plaza (TP) Surabaya.

Bayar Perpanjangan SIM kini Bisa Pakai T-Cash, selain itu juga Bisa untuk Bayar Dua Layanan ini
surya.co.id/sugiharto
Dua petugas Satlantas Polrestabes Surabaya memeriksa kelengkapan berkas pembayaran perpanjangan SIM di Mobil Sim Keliling, Jumat (4/1/2019). Telkomsel terus melakukan terobosan untuk mendukung gerakan nontunai yang dicanangkan pemerintah dengan mempermudah pembayaran menggunakan t-cash. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tren pembayaran nontunai merambah pada pembayaran pelayanan di kepolisian. Salah satunya di SIM Corner di mal Tunjungan Plaza (TP) Surabaya.

"Ini saya melakukan perpanjangan SIM A. Bayar Rp 120.000 untuk biayanya. Dan Rp 40.000 untuk surat keterangan sehat. Tadi saya coba pakai barcode T-cash," kata Anna, salah satu pengunjung SIM Corner TP, Jumat (4/1/2018).

Barcode T-cash merupakan uang elektronik yang diselenggarakan oleh Telkomsel melalui aplikasi di smartphone. Selain T-cash terlihat beberapa pembayaran nontunai lainnya untuk biaya perpanjangan SIM itu. 

Terpisah, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, mengakui pihaknya memang memberikan inovasi pembayaran nontunai untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Surabaya.

"Yaitu E-volution Cashless Payment yang sudah kami launching pada 1 Desember 2018 lalu," kata Rudi.

Sedang untuk Telkomsel sebagai penyedia dan pengelola aplikasi T-cash, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Tapi juga untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kepolisian.

Vice President Sales & Marketing Area Jawa Bali Telkomsel, Ericson Sibagariang mengatakan, layanan T-cash berupaya untuk menjadi solusi dalam mengintegrasikan gaya hidup non-tunai dalam kehidupan sehari-hari.

"Kerja sama yang kami jalin ini pun merepresentasikan komitmen tersebut. Melalui kerja sama ini, pembayaran layanan seperti PNBP SIM dan SKCK akan semakin mudah, aman, dan cepat," kata Ericson.

Kerjasama ini tidak hanya dilakukan dengan Polretasbes Surabaya. Telkomsel juga sudah menggandeng Polres Gresik dan Polres Bojonegoro dengan program Cashless Payment System (CPS) dan Jonegoro Electronic Payment (JEP).

Secara nasional, hingga akhir tahun 2018 pengguna Telkomsel ditarget mencapai 200 juta. Dari jumlah tersebut, pengguna T-casht ditarget mencapai 40 juta. Jumlah itu sudah meningkat empat kali lipat dibanding akhir tahun 2017 yang hanya 10 juta.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved