Berita Surabaya

Masa Akreditasi Habis, 11 RS di Jatim Belum Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan

Sebanyak 11 RS di Jawa Timur belum memperpanjang kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk tahun 2019 lantaran belum memperpanjang akreditasi

Masa Akreditasi Habis, 11 RS di Jatim Belum Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan
surya/galih lintartika
Peserta BPJS Kesehatan saat mendaftar di loket administrasi RSUD Dr Soetomo, Selasa (15/3/2016). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 11 rumah sakit (RS) di Jawa Timur belum memperpanjang kerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk tahun 2019. RS ini tersebar di Jatim dan merupakan RS milik pemerintah dan swasta dengan tipe rata-rata D dan C.

Beberapa RS tersebut antara lain RS Sangkapura di Bawean, RS Ibnu Sina Gresik dan beberapa RS daerah di Malang kota dan Madiun, serta RS Husada Utama di Surabaya. 

Deputi BPJS Kesehatan Wilayah Jatim, Handaryo, mengatakan ke-11 RS tersebut belum bisa memperpanjang kerjasama dengan BPJS Kesehatan karena belum melakukan akreditasi untuk mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

"Ketentuan Permenkes No 71 yang diperbaiki Permen No 99 untuk fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS tahun 2019 wajib akreditasi," kata Handaryo, Kamis (3/1/2019).

Di Jawa timur sendiri ada 36 rumah sakit yang sudah habis masa akreditasinya menjelang 2019, yang 25 di antaranya sudah memperpanjang kontrak dengan BPJS Kesehatan sedangkan 11 lainnya belum.

"Akreditasinya ini bisa melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim untuk diteruskan ke Kementerian kesehatan atau bisa langsung ke Kemenkes. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian kesehatan, BPJS baru bisa bekerja sama," lanjutnya.

Menindaklanjuti hal itu, BPJS Jatim sudah berkoordinasi dengan Dinkes Jatim dan juga dengan kantor cabang BPJS RS setempat untuk menghubungi 11 direktur RS tersebut agar cepat mengurus kembali akreditasinya.

"Tapi sampai hari ini dari hasil pantauan kepala cabang BPJS di masing-masing daerah, ke-11 RS itu masih komitmen untuk melayani pasien peserta BPJS Kesehatan walaupun belum bekerja sama," pungkasnya.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved