Travel

Jadi Destinasi 'Bali Baru', Bromo Tengger Semeru Andalan Pariwisata Jatim Tahun 2019

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih akan menjadi destinasi andalan Pariwisata Jatim di tahun 2019.

Jadi Destinasi 'Bali Baru', Bromo Tengger Semeru Andalan Pariwisata Jatim Tahun 2019
surya/ahmad zaimul haq
Beberapa warga Suku Tengger mencoba menangkap sesaji yang dilemparkan ke dalam Kawah Bromo, saat Yadnya Kasada digelar, (Senin 10/7/2017). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, Sinarto mengatakan daya tarik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) masih akan menjadi destinasi andalan Pariwisata Jatim di tahun 2019.

Hal ini untuk mendukung program nasional yang menjadikan TNBTS menjadi satu dari 10 destinasi wisata 'Bali Baru' yang digagas oleh Kementerian Pariwisata.

"Kita juga akan saling berkolaborasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari yang juga punya fokus ke Bromo Tengger Semeru," kata Sinarto, Rabu (2/1/2018).

Sinarto mencontohkan misalnya saja Pemprov Jatim bisa membantu menyelenggarakan atraksi.

"Kalau di sana itu basisnya kebudayaan dan pariwisata. Kita coba membantu memperkuat karakter atau identitas yang jelas sehingga bisa memperkuat identitas budaya Singosari," lanjut Sinarto.

Atraksi tersebut lanjutnya bisa dengan model pertunjukan dan pameran atau atraksi lain sesuai karakter KEK Singosari.

"Sehingga nantinya bisasa menjadi disertifikasi yang lain atau melengkapi kebudayaan yang dianggap menjadi hilir kepariwisataan di Jatim," lanjutnya

Selain TNBTS, Sinarto menyebut ada Kawah Ijen, Kawah Wurung, Gili Labak dan destinasi wisata lain di Jatim yang juga menjadi fokus pengembangan destinasi wisata oleh Pemprov Jatim.

"Yang tidak kalah penting, adalah Banyuwangi yang sudah mengajukan untuk menjadi Geopark dan sudah dinilai, tinggal menunggu kepastian dari UNESCO," pungkasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata telah mengembangkan 10 destinasi “Bali Baru” untuk mendongkrak pemerataan pariwisata Indonesia.

Adapun 10 destinasi Bali Baru yang dikembangkan pemerintah adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu di Jakarta, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara. (Sofyan Arif Candra)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved