Berita Situbondo

Air Mancur Kampung Kerapu Situbondo Jarang Beroperasi, Pemkab Akui Kelimpungan Bayar Biaya Listrik

Kawasan wisata Kampung Kerapu Situbondo dikeluhkan wisatawan karena air mancur warna-warni tak pernah dioperasikan.

Air Mancur Kampung Kerapu Situbondo Jarang Beroperasi, Pemkab Akui Kelimpungan Bayar Biaya Listrik
surya/izi hartono
Obyek wisata Kampung Kerapu di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo, di malam hari. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Kawasan wisata Kampung Kerapu Situbondo dikeluhkan wisatawan. Hal ini lantaran ikon wisata Kampung Kerapu Situbondo, yakni air mancur warna-warni, dianggap tak pernah dioperasikan.

Kepala Dinas Perikanan Pemkab Situbondo, Eko Prayudi, angkat bicara terkait banyaknya keluhan dan protes dari kalangan masyarakan terkiat sering matinya air mancur di wisata Kampung Kerapu yang terletak di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

Menurut Eko, pihaknya memang sengaja memadamkan air mancur di Kampung Kerapu Situbondo karena biaya operasionalnya yang sangat mahal.

"Air mancur memang sering kami padamkan. Selain biayanya mahal, cuacanya saat ini juga tidak mendukung," ujar Eko Prayudi kepada Surya, Kamis (3/1/2019).

Untuk saat ini, air mancur warna-warni dihidupkan dua kali selama 30 menit, yakni pada pukul 20.30 WIB dan 22.30 WIB.

Eko mengungkapkan untuk mengoperasikan air mancur di Kampung Kerapu dibutuhkan tenaga listrik sebanyak 105 ribu watt. Sementara anggarannya terbatas dan untuk masuk ke Kampung belum ada penarikan tiket.

"Untuk membayar biaya listriknya saja kami kelimpungan," bebernya.

Untuk mengatasi keterbatasan anggaran tersebut, Eko akan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk membuat Peraturan Desa (Perdes) terkait penarikan retribusi di Kampung Kerapu.

"Kami sedang mendiskusikan untuk kerjasama dengan desa terkait, nanti ada bagi hasilnya," tukasnya.

Destinasi wisata Kampung Kerapu ini baru dikembangkan Pemkab Situbondo dalam rangka pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Situbondo di 2019 ini.

Namun, malah dikeluhkan wisatawan lantaran air mancur warna-warni yang jadi ikon Kampung Kerapu malah tak pernah beroperasi.

Penulis: Izi Hartono
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved