Berita Ekonomi Bisnis

MAI Foundation Region VIII Salurkan Dana Rp 1,2 Miliar lewat Berbagai Kegiatan Sosial

Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation Wilayah Regional VIII mencatatkan diri telah melakukan penyaluran dana senilai Rp 1,2 miliar.

MAI Foundation Region VIII Salurkan Dana Rp 1,2 Miliar lewat Berbagai Kegiatan Sosial
surya.co.id/sri handi lestari
Regional CEO Region VIII Jawa III, R Erwan Djoko didampingi Abdul Rasyid, Ketua Mandiri Amal Insani Kanwil Surabaya menyerahkan bingkisan kepada peserta  sunatan massal  di kantor Bank Mandiri Cabang Surabaya Pahlawan, Kamis (27/12/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation Wilayah Regional VIII jelang akhir tahun 2018 mencatatkan diri telah melakukan penyaluran dana senilai Rp 1,2 miliar.

Sementara penghimpunan, pengelolaan dan pendistribusian dana Zakat, Infaq, Sedekah, Wakaf, dan dana sosial dari seluruh karyawan perusahaan Bank Mandiri serta anak usahanya, serta masyarakat umum di tahun ini mencapai Rp 2,3 miliar.

"Penyaluran yang mencapai Rp 1,2 miliar itu diberikan lewat kegiatan-kegiatan sosial. Itu sampai akhir tahun ini. Selanjutnya akan kami lanjutkan di tahun depan," ungkap Abdul Rasyid, Ketua Mandiri Amal Insani, disela kegiatan sunatan massal yang digelar di kantor Bank Mandiri Cabang Surabaya Pahlawan, Kamis (27/12/2018).

MAI Kanwil VIII, merupakan bagian dari Mandiri Amal Insani Foundation didirikan pada tanggal 2 Oktober 2014. MAI menjalankan fungsinya sebagai sebuah Foundation atau yang biasanya disebut dengan yayasan, yaitu kepada mereka yang membutuhkan. MAI mulai bergerak di Surabaya sejak tahun 2012 sebelum berbentuk yayasan berbadan hukum.

Kegiatan khitanan massal yang digelar di Surabaya ini, merupakan kegiatan keempat. "Untuk kegiatan sosial seperti khitanan massal ini, sudah kami gelar untuk yang keempat kalinya. Saat ini yang digelar di Surabaya ada, sekitar 131 anak yang menjadi peserta, dari Surabaya dan Gresik," jelas Abdul Rasyid.

Kegiatan di Surabaya ini juga sebagai penutup dari kegiatan serupa yang digelar di empat kota di Jatim pada sebelumnya. Yaitu di kota Kediri, Malang dan Jember.

Secara total MAI Foundation Region VIII/Jawa 3, menggelar khitanan massal untuk 341 anak yatim dan dhuafa di berbagai wilayah di Jawa Timur.

Juga rangkaian kegiatan khitanan massal 2.500 anak di seluruh Indonesia yang digelar MAI Foundation. Sejak tahun 2014, MAI Foundationberkomitmen untuk membantu memudahkan anak Indonesia dalam menunaikan kewajibannya.

“Tidak semua orang tua apalagi kaum dhuafa mampu mengkhitankan anaknya karena keterbatasan biaya. Bertepatan momen Liburan sekolah MAI bekerjasama dengan mitra media care gelar khitanan massal,” ungkap Abdul Rasyid.

Khitanan Massal juga merupakan salah satu bentuk kepedulian MAI agar anak Indonesia sehat dan bisa menunaikan kewajibannya sebagai generasi penerus bangsa. Untuk membuat anak gembira, setiap anak yang dikhitan mendapatkan tas, baju muslim, sarung, celana khitan dan peralatan sekolah serta uang saku.

“Mudah-mudahan di tahun mendatang, akan ada penambahan kuota khitanan massal untuk Region VIII Surabaya, lokasi khitannya pun lebih banyak lagi,” lanjut Abdul Rasyid.

Dalam kegiatan itu, hadir Regional CEO Region VIII Jawa III, R Erwan Djoko. Menurut Erwan, program yang dijalankan MAI Foundation Jawa Timur meliputi bina ilmu, bina kesehatan, bina ekonomi dan bina sarana fisik serta bina sosial.

"Untuk tahun 2018 telah terealisasi program penyaluran ZISWAF diantaranya Bina Ilmu pembangunan dan pendampingan sekolah serta insentif Guru Madrasah," tambah Erwan.

Bina Kesehatan berupa layanan ambulance gratis. Bina Ekonomiberupa pendampingan peternak kambing di Ponorogo.

Bina Fisik pembangunan sarana umum dan rumah ibadah pasca kejadian bencana. Dan Bina Sosial programnya santunan yatim, buka puasa, PHBI, sunatan massal dan bantuan insidentil lainya.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved