Berita Banyuwangi

Fasilitas Penginapan Banyuwangi Bertambah untuk Persiapan Liburan Tahun Baru 2019

Anas menuturkan Banyuwangi terus berbenah untuk menyambut lonjakan wisatawan di libur Tahun Baru 2019.

Fasilitas Penginapan Banyuwangi Bertambah untuk Persiapan Liburan Tahun Baru 2019
istimewa
Salah satu fasilitas penginapan di Banyuwangi 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kini fasilitas penunjang pariwisata di seperti penginapan kian tumbuh. Daerah yang baru saja ditetapkan sebagai kawasan taman bumi (geological park/geopark) nasional itu kini mempunyai beragam homestay, hotel, hingga resor yang unik.

“Pilihan menginap di Banyuwangi juga semakin beragam. Dari view pantai, sawah, sampai gunung, seiring tumbuh dan berbenahnya berbagai hotel, resor, homestay sebagai bagian dari fasilitas penunjang pariwisata,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Selasa (25/12/2018).

Anas menuturkan Banyuwangi terus berbenah untuk menyambut lonjakan wisatawan di libur Tahun Baru 2019. Berdasarkan data tahun-tahun sebelumnya, saat libur Tahun Baru, lonjakan wisatawan mencapai ratusan persen. Kenaikan jumlah wisatawan sudah terdeteksi sejak akhir pekan lalu berbarengan dengan dimulainya libur Natal.

“Dengan jumlah homestay hingga hotel yang bertambah dibanding tahun lalu, kebutuhan wisatawan bisa terpenuhi, karena libur akhir tahun lalu banyak yang kehabisan penginapan,” sambungnya.

Untuk wisatawan yang menginginkan suasana pantai, homestay hingga hotel berkonsep resor tepi pantai tersedia, mulai dari kawasan Pantai Pulau Merah yang banyak homestay hingga kawasan utara Banyuwangi dengan banyak hotel di tepi pantai, termasuk sejumlah hotel bintang empat.

Untuk wisatawan yang menyukai suasana pegunungan, banyak homestay, hotel, dan resor tersedia di kawasan menuju kaki Gunung Ijen yang mempunyai fenomena api biru (blue flame) yang mendunia.

“Di arah kaki Gunung Ijen juga banyak homestay unik dengan suasana khas perdesaan dan persawahan yang menjanjikan experience berbeda kepada wisatawan,” ujarnya.

Demikian pula untuk wilayah perkebunan, tersedia fasilitas homestay hingga hotel yang berbatasan langsung dengan perkebunan kopi dan kakao, seperti di kawasan selatan Banyuwangi.

“Dengan aksesabilitas yang semakin mudah karena makin banyak pesawat ke Banyuwangi, dengan atraksi wisata yang berkelanjutan, dan amenitas yang semakin lengkap termasuk hotel, Banyuwangi terus berbenah menyambut wisatawan,” pungkas Anas.

Penulis: Haorrahman
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved