Natal dan Tahun Baru 2019

Kisah Sri Kurnia Mahiruni, Muslimah Pembuat Boneka Bertema Natal: Edukasi Anak Miliki Sikap Toleran

Sri, panggilan akrabnya, mengisahkan, di tengah-tengah mengerjakan boneka bertema Natal, anaknya bertanya.

Kisah Sri Kurnia Mahiruni, Muslimah Pembuat Boneka Bertema Natal: Edukasi Anak Miliki Sikap Toleran
foto: aminatus sofya
Sri Kurnia memperlihatkan boneka-boneka di antaranya bertema Natal. 

SURYA.co.id | MALANG - Sri Kurnia Mahiruni adalah seorang perempuan muslimah asal Kelurahan Cemorokandang, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang. Sehari-harinya, ia membuat boneka berbahan dasar kaos kaki yang dibentuk menjadi berbagai macam karakter, salah satunya bertema Natal.

Sri, panggilan akrabnya, mengisahkan, di tengah-tengah mengerjakan boneka bertema Natal, anaknya bertanya, "Ma, kenapa kita sebagai muslimah kok membuat boneka Natal?" tuturnya.

Sri kemudian menjawab, "Di Indonesia ini majemuk, tidak hanya Islam. Jadi kalau cuman buat boneka ya boleh. Itu toleransi," kata Sri.

Sri mengungkapkan beberapa anggota keluarganya ada yang bukan muslim. Ia telah terbiasa melalui perbedaan. Kepada anaknya pula, Sri mengajarkan untuk saling menghargai dan toleran kepada pemeluk agama lain.

"Tidak ada masalah (terhadap perbedaan)," katanya.

Menjelang perayaan Natal, pesanan boneka buatan Sri naik sampai 100 persen. Saat ini saja, 50 hingga 100 boneka dihasilkan khusus edisi Natal.

"Kalau rata-rata per bulan 300 boneka, " kata perempuan berjilbab itu.

Proses pembuatan boneka yang paling susah, lajut Sri, adalah membuat bagian tangan.

Rata-rata, satu boneka butuh waktu satu hari hingga seminggu. Boneka - beneka ini dibanderol mulai Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu. "Tergantung kerumitannya," ujar dia.

Usaha boneka kaos kaki yang digeluti Sri telah berjalan selama tiga tahun. Boneka-boneka tersebut bisa didapatkan di Perum Oma View dan Hotel Atria, Kota Malang. ( aminatus sofya )

Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved