Berita Malang Raya

Terbukti Korupsi, 18 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Divonis Rata-rata 4 Tahun Penjara

Sebanyak 18 mantan anggota DPRD Kota Malang yang terjerat korupsi akhirnya dijatuhi vonis. Rata-rata mendapat vonis 4 tahun penjara.

Terbukti Korupsi, 18 Mantan Anggota DPRD Kota Malang Divonis Rata-rata 4 Tahun Penjara
tribun jatim/praditya fauzi
Para mantan anggota DPRD Kota Malang yang jadi terdakwa kasus korupsi berkonsultasi dengan kuasa hukum setelah divonis penjara oleh majelis hakim PN Tipikor Surabaya di Sidoarjo, Selasa (19/12/2018). Dalam sidang ini, enam terdakwa divonis hukuman penjara yang bervariasi lamanya, namun semua lebih dari 4 tahun. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 18 mantan anggota DPRD Kota Malang yang jadi terdakwa dalam dugaan korupsi menjalani sidang dengan agenda pembacaan putusan di PN Tipikor Surabaya, Rabu (19/12/2018).

Sidang ini dibagi menjadi tiga sesi dengan masing-masing sesi menghadirkan 6 terdakwa. 

Seperti sidang sesi pertama dan kedua, enam terdakwa yang hadir di sidang sesi ketiga, yakni Wiwik Hendri Astuti, Suprapto, Sahrawi, Mohan Katelu, Salamet, dan Zainuddin, juga divonis hukuman empat tahun dua bulan penjara. 

"Menimbang, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 12 huruf a dan pasal 12 B tentang tindak pidana pemberantasan tindak pidana korupsi," tegas ketua majelis hakim Cokorda Gede Arthana. saat membacakan amar putusan di Ruang Cakra Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (PN Tipikor) Surabaya di Sidoarjo, Rabu (19/12/2018).

Hakim menilai, enam terdakwa pada sesi terakhir ini cenderung memperoleh hukuman yang lebih ringan dibanding dua sesi sebelumnya.

Dalam fakta persidangan kali ini dan sebelumnya, enam terdakwa pada sesi terakhir ini tak hanya mengakui perbuatan dan sopan selama persidangan, tapi juga memiliki itikad baik dengan cara mengembalikan seluruh uang gratifikasi yang diterima sebelum sidang beragendakan putusan digelar.

Kendati demikian, enam terdakwa pada sesi terakhir ini harus menerima hak politiknya dicabut, seperti halnya 12 rekannya yang juga telah menjalani sidang putusan

Selain itu, keenam terdakwa juga menerima vonis yang dijatuhkan hakim.

"Menjatuhkan, pidana tambahan berupa pencabutan hak politik selama tiga tahun," lanjut Cokorda.

"Menimbang, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 12 huruf a dan pasal 12 B tentang tindak pidana pemberantasan tindak pidana korupsi, menjatuhkan pidana empat tahun dua bulan penjara dan denda Rp 200 juta subsider satu bulan pidana," terang Cokorda.

Halaman
12
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved