Advertorial

Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan Tekankan Bela Negara Sejak Masih Mahasiswa

Upaya bela negara tak hanya dilakukan oleh tentara maupun polisi, di tingkat mahasiswa bela negara perlu diterapkan.

Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan Tekankan Bela Negara Sejak Masih Mahasiswa
Surabaya.Tribunnews.com
Dirjen Potensi Pertahanan Kenterian Pertahanan RI, Prof Bondan Tiara Sofyan dalam kuliah umum Bela Negara di Gedung Giri Loka UPN "Veteran" Jawa Timur, Selasa (18/12/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Upaya bela negara tak hanya dilakukan oleh tentara maupun polisi, di tingkat mahasiswa bela negara perlu diterapkan.

Dirjen Potensi Pertahanan Kenterian Pertahanan RI, Prof Bondan Tiara Sofyan menyampaikan hal ini dalam kuliah umum Bela Negara di Gedung Giri Loka UPN "Veteran" Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).

"Negara ini bhineka jadi mereka (mahasiswa) harus dipahami mahasiswa. Apalagi hampir 50 persen warga saat ini generasi muda jadi mereka harus memiliki rasa bela negara,"ujarnya.

Ia pun menekankan lima hal yang bisa dilakukan mahasiswa sebagai bentuk bela negara. Pertama dengan mencintai Indonesia, mulai dari produknya hingga beragam karya anak bangsa.

Kedua belajar keras dan berusaha maksimal, selama menjadi mahasiswa harus berorganisasi.

"Organisasi merupakan pestanya mahasiswa untuk mewujudkan minat dan bakatnya,"ujarnya.

Ketiga, mampu membangun diri memiliki knowledge, skill dan moral yang baik. Dalam artian mampu menjadi pemimpin yang bisa memberi solusi dan berhati nurani, pandai merasa bukan merasa pandai

"Keempat, memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat dan moral yang tinggi untuk mengimbangi kecerdasannya,"ujarnya.

Terakhir, menjadi kader muda bela negara yang memahami Bhineka Tunggal Ika sebagai kekayaan bangsa.

"Kalau anak muda belum paham kondisi negara maka akan membahayakan. Tetapi saya optimis saat ini generasi akan mampu menerapkan bela negara,"pungkasnya.

Pencanangan Zona Integritas dengan  scan sidik jari dan tanda tangan dekan-dekan, wakil rektor dan rektor UPN Jatim, Selasa (18/12/2018)
Pencanangan Zona Integritas dengan scan sidik jari dan tanda tangan dekan-dekan, wakil rektor dan rektor UPN Jatim, Selasa (18/12/2018) (Surabaya.Tribunnews.com)
Halaman
12
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved