Ekonomi Bisnis

Pelindo III Salurkan Dana Kemitraan untuk UKM di Jatim, Ini Tujuannya

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan tahap III/2018 untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Jawa Timur

Pelindo III Salurkan Dana Kemitraan untuk UKM di Jatim, Ini Tujuannya
istimewa
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan tahap III/2018 untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Jawa Timur (18/12/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan tahap III/2018 untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Jawa Timur, Selasa (18/12/2018).

Program penyaluran dana kemitraan tersebut agar pelaku UKM Jatim lebih mandiri, mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya sehingga tercipta nuansa pemerataan pembangunan dan peningkatan lapangan pekerjaan.

CEO Pelindo III Regional Jawa Timur, Onny Djayus, mengatakan di program ini, para mitra binaan usaha mikro dan kecil mendapatkan perhatian dalam akses permodalan, akses informasi dan teknologi, maupun akses pasar untuk mengembangkan usahanya.

“Total dana yang yang dikucurkan pada tahap III / 2018 sejumlah Rp 1,190 miliar disalurkan kepada 25 mitra binaan baru dari berbagai kota di wilayah Jawa Timur," jelas Onny.

Adapun ke-25 mitra binaan di tahap ke-3 terdiri dari beberapa bidang usaha meliputi perdagangan, perindustrian, peternakan, hingga jasa.

Semua mitra binaan tersebut tersebar di kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Nganjuk, Malang, Blitar, Bangkalan, Sumenep, Jombang, dan Gresik.

"Selama 2018 ini, Pelindo III telah menggelontorkan dana kemitraan total Rp 3,7 miliar dalam 3 tahap untuk 87 mitra baru di wilayah Jawa Timur," sambungnya.

Acara yang dihadiri oleh beberapa pejabat dinas UKM Provinsi Jatim dan Koperasi Pemkot Surabaya dilanjutkan dengan sesi diklat untuk para mitra baru.

“Sudah menjadi program rutin di Pelindo III saat menyalurkan dana program kemitraan tidak hanya memberikan dananya, namun Pelindo III juga terus memantau, mengawasi dan memberikan bekal melalui pelatihan untuk para UKM," tambah Wilis Aji, Humas Pelindo III Regional Jawa timur disela-sela acara.

Beberapa materi pelatihan yang diberikan hari ini di antaranya bagaimana mengelola laporan keuangan sederhana, ringkas, rapi dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selain itu para mitra juga dibekali pengetahunan mengenai pemasaran online atau online Marketing, cara membuat website dan pengetahuan mengenai dunia entrepreneur.

“UKM yang menerima dana kemitraan semua sudah terseleksi. Persyaratannya mencakup banyak aspek, utamanya usaha telah berjalan minimal enam bulan dan memiliki laporan keuangan walaupun sederhana. Sedangkan jasa administrasi hanya tiga persen per tahun dengan jangka waktu pinjaman minimal 24 bulan dan maksimal 60 bulan," tandas Wilis.

Seorang pengusaha UKM bengkel bernama Masita menyatakan bahwa ini merupakan tahun ketiga dirinya menjadi mitra usaha dari Pelindo III.

“Program ini sangat membantu dan meringankan beban saya dalam mengembangkan usaha bengkel ini, awalnya saya hanya memiliki bengkel di Sidoarjo tetapi sekarang saya sudah membuka 1 (satu) cabang lagi di daerah Gresik,” tukas Masita.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved