Berita Tulungagung

Bupati Resmi Pecat 3 Guru Tulungagung yang Korupsi dan Pungli PPDB 2017

Tiga guru di Kabupaten Tulungagung yang terlibat tindak pidana korupsi (Tipikor), berupa pungutan liar atau pungli, resmi dipecat.

Bupati Resmi Pecat 3 Guru Tulungagung yang Korupsi dan Pungli PPDB 2017
surya/david yohanes
Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tulungagung, Adi Suselo, saat memberi keterangan tentang guru yang pungli dipecat 

SURYA.co.id | TULUNGAGUNG - Tiga guru di Kabupaten Tulungagung yang terlibat tindak pidana korupsi (Tipikor), berupa pungutan liar atau pungli, resmi dipecat. Surat Keputusan pemecatan dikeluarkan Plt Bupati Tulungagung pada Oktober 2018 kemarin.

"SK-nya sudah diterimakan ke masing-masing pihak yang diberhentikan," ujar Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tulungagung, Adi Suselo, Selasa (18/12/2018).

Dua dari tiga guru itu adalah pengajar di SMPN 2 Tulungagung, Supraptiningsih dan Rudy Bastomi. Keduanya telah divonis Pengadilan Tipikor Surabaya, dalam perkara pungli Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2017.

Sedangkan satu orang lainnya adalah Suyono, mantan Kepala SDN 1 Campurdarat. Suyono saat ini sebenarnya sudah pensiun. Dengan SK ini maka hak pensiunnya dicabut.

"Selama ini dia (Suyono) menerima uang pensiun setiap bulan. Sejak November dia sudah tidak menerima lagi," tambah Adi.

Kasus yang menjerat Suyono adalah penyelewengan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Kasus ini bergulir pada 2016, dan Suyono sudah menjalani hukum. Suyono masuk masa pensiun pada tahun 2018. Ia sudah bekerja sebagai guru selama 39 tahun.

Sementara Rudy dan Supraptiningsih, sejak SK itu dikeluarkan bukan lagi ASN.

Dengan demikian keduanya juga bukan lagi guru di SMPN 2 Tulungagung.

"Sejak keduanya menjalani hukum, jam mengajarnya sudah diisi guru lain. Jadi pemecatannya tidak berpengaruh ke sekolah," tegas Adi.

Rudy dan Supraptiningsih ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Satgas Saber Pungli Polres Tulungagung, saat PPDB 2017 silam.

Penulis: David Yohanes
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved