Bank Mandiri

Mandiri Beri Pelatihan Wirausaha bagi TKI Nasabah Remitansi

PT Bank Mandiri Tbk (Persero) atau Bank Mandiri memiliki program Layanan Mandiri Remintansi.

Mandiri Beri Pelatihan Wirausaha bagi TKI Nasabah Remitansi
foto: istimewa
R Erwan Djoko Hermawan, Senior Vice President Bank Mandiri Region VIII / Jawa 3 menerima suvernir dari Pungky P Wibowo, Kepala Departemen elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia sebagai rangkaian kegiatan dalam ISEF 2018 di Surabaya, pekan lalu. 

SURYA.co.id | SURABAYA  - PT Bank Mandiri Tbk (Persero) atau Bank Mandiri memiliki program Layanan Mandiri Remintansi.

Selain melayani tabungan, pengiriman dan transaksi gaji para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri, Bank Mandiri juga memberikan pelatihan kepada mereka sebagai bekal saat selesai menjadi TKI dan kembali ke tempat tinggal asalnya.

"Kami memberikan pelatihan keterampilan wirausaha khusus kepada pada nasabah kami yang menggunakan layanan Remitansi di luar negeri. Pelatihan kami berikan setiap akhir pekan saat PMI libur, seperti kalau di Hongkong tempatnya di Victory park setiap hari Minggu," kata R Erwan Djoko Hermawan, Senior Vice President Bank Mandiri Region VIII / Jawa 3 dalam acara mensosialisasikan Layanan Mandiri Remitansi bertema "Membuka Akses Layanan Keuangan melalui Optimalisasi Layanan Remintansi”, akhir pekan lalu.

Saat ini Bank Mandiri terus agresif melakukan sosialisasi layanan ini. Mengingat potensinya yang sangat besar.

Terutama wilayah Jawa Timur (Jatim) yang memiliki jumlah TKI paling besar di Hongkong.

Jasa layanan remintansi Bank Mandiri di luar negeri saat ini memiliki layanan outlet, dengan anak perusahaan di Malaysia dan Kantor Luar Negeri Hong Kong serta bekerjasama dengan Bank dan Perusahaan Remintansi yang berjumlah lebih dari 30 partner yang tersebar di Asia dan Timur Tengah.

“Remintansi Ritel Bank Mandiri pada tahun 2017 mencapai volume transaksi sebesar 31 miliar dolar AS atau pertumbuhan sebesar 33 persen (YoY)," jelas Erwan.

Kemudahan membuka tabungan TKI juga diberikan dengan memberikan sosialisasi saat masa pembekalan TKI yang akan berangkat ke luar negeri lalu dibantu pembukaannya oleh layanan outlet bank Mandiri Luar Negeri.

Di tahun 2017 Tabungan TKI Bank Mandiri secara jumlah rekening mencapai 82.000 rekening dan saldo dana sebesar Rp 356 miliar yang mengalami pertumbuhan sebesar 5 persen.

Lebih lanjut lagi, Erwan menjelaskan pihaknya dalam rangka implementasi budaya spirit memakmurkan negeri yang berupa program literasi keuangan dan pemberdayaan TKI sehingga diharapkan TKI memahami pentingnya perencanaan keuangan untuk masa depan.

Program Mandiri Remintansi sudah berlangsung di 4 negara yakni Hong Kong, Jepang, Korea Selatan dan Malaysia, serta memiliki kelanjutan pembinaan untuk TKI purna di Tanah Air yang berlokasi di Rumah Kreatif BUMN setempat.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved