Berita Surabaya

Malang Jadi Kawasan Ekonomi Khusus di Jawa Timur

Wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang telah dipiilih Pemprov Jatim untuk ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Malang Jadi Kawasan Ekonomi Khusus di Jawa Timur
surabaya.tribunnews.com/Nurani Faiq
Maket Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari yang akan dikembangkan di Singosari, Kabupaten Malang.    

SURYA.co.id | SURABAYA - Wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang telah dipiilih Pemprov Jatim untuk ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kawasan yang akan menjelma menjadi kawasan ekonomi kreatif dengan mengintegrasikan semua sektor. 

 Tidak hanya pengembangan di sektor wisata, namun sektor ekonomi kreatif dengan mengintegrasikan di era digitalisasi juga mendapat porsi besar.

"Nantinya akan ada diferensiasi wisata yakni ekonomi digital dan ekonomi kreatif akan terintegrasi," kata Kris Widya, pengelola KEK Singhasari, Minggu ( 16/12/2018).

General Manager PT Intelegensia Graha Tama (IGT) ini menyebutkan bahwa sektor wisata nantinya tidak hanya bersifat sektoral. Semua kawasan wisata di Jatim mulai dari Bromo, Malang, Batu, hingga semua wisata di Jatim harus terintgerasi.

Yang paling sederhana adalah wisatawan yang ke Bromo akan diupayakan agar mereka juga menikmati Malang dan tempat lain. Kawasan Bromo Tengger Semeru yang tidak jauh dari Malang harua memberi impact luas.

Tidak hanya impact terhadap kemajuan destinasi wisata, tapi yang lebih penting adalah kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, kawasan KEK itu akan berpusat di Singosari. Kawasan ini berada di tiga desa, yakni, Desa Purwoasri, Desa Langlang dan Desa Klampok. Kawasan ini sebelumnya berupa Singosari Integrated Tourism Complex (SITC).

Kementriaan Pariwisata juga sudah melihat kawasan tersebut. SITC Singhasari ini juga mendapat dukungan Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (DNKEK) untuk menjadikan SITC menjadi KEK.

Realisasinya nanti menjad paket wisata yang bersifat komplementer.

Yakni memperbesar market dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara di wilayah Malang Raya. Tujuan lebih jauh adalah meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat sekitar.

Saat ini dikembangkan tiga sektor yakni budaya, wisata, dan para startup digital harus menjadi pelaku KEK.

"Sekarang tinggal menunggu Peraturan Pemerintah (PP) turun sehingga resmi KEK ditetapkan," lanjut Kris. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved