Berita Blitar

Rata-rata Kos-kosan di Kota Blitar Belum Memiliki Izin Usaha

Rata-rata kos-kosan di Kota Blitar belum memiliki izin usaha. Hal itu terlihat dari hasil razia yang dilakukan petugas Satpol PP Kota Blitar

Rata-rata Kos-kosan di Kota Blitar Belum Memiliki Izin Usaha
surabaya.tribunnews.com/samsul hadi
Petugas Satpol PP Kota Blitar memeriksa identitas penghuni kos di Jl WR Supratman, Kota Blitar, Kamis (13/12/2018). Dari hasil razia itu disimpulkan bahwa rata-rata kos-kosan di kota Blitar tak memiliki izin usaha. 

SURYA.co.id | BLITAR - Rata-rata kos-kosan di Kota Blitar belum memiliki izin usaha.  Hal itu terlihat dari hasil razia yang dilakukan petugas Satpol PP Kota Blitar di sejumlah tempat kos, Kamis (13/12/2018).

Dalam razia itu, petugas mendatangi 18 tempat kos di tiga kecamatan di Kota Blitar. Hasilnya, dari 18 tempat kos yang didatangi petugas, baru tiga tempat kos yang sudah memiliki izin usaha. Selebihnya, 15 tempat kos lainnya belum mengantongi izin usaha.

"Razia kali ini sekalian untuk menertibkan izin usaha tempat kos di Kota Blitar. Rata-rata tempat kos di Kota Blitar belum memiliki izin usaha. Sekarang sudah ada Perda tentang Tempat Kos. Mereka harus segera mengurus izin usaha," kata Kabid Trantibum Satpol PP Kota Blitar, Adam Bachtiar.

Adam juga meminta pemilik kos yang sudah memiliki izin usaha agar menempel bukti perizinan di tempat kos. Ketika ada razia, petugas tidak perlu lagi menanyakan surat izin ke pengelola. "Tadi sudah ada yang memiliki izin, tapi bukti perizinannya disimpan, tidak ditempel. Sudah kami suruh menempel di tempat kos," ujarnya.

Balita di Jombang tak Sengaja Menembak Ibunya Dengan Senapan Angin Milik Bapak

Selain menertibkan perizinannya, razia itu juga untuk mencegah tindakan asusila di tempat kos. Dalam razia itu, petugas menemukan lima pasangan bukan suami istri berduaan di dalam kamar kos. Petugas menyita kartu identitas milik sejumlah pasangan bukan suami istri itu.

"Kami juga memeriksa identitas para penghuni kos. Ada sejumlah penghuni kos yang tidak memiliki KTP. Ada yang punya KTP tapi KTP lama dan sudah mati, belum KTP elektronik. Kami minta mereka segera mengurusnya," ujarnya.

Sebelumnya, Satpol PP Kota Blitar menggelar razia tempat kos, Kamis (13/12/2018) sore. Petugas menyisir sejumlah tempat kos di wilayah timur dan barat Kota Blitar.

Tim di wilayah timur pertama kali mendatangi tempat kos di Jl Halir, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Petugas tidak mendapati pasangan mesum di tempat kos itu.

Hanya saja tempat kos yang didatangi petugas belum memiliki izin usaha. Petugas meminta pengelola tempat kos untuk menandatangani surat pernyataan segera mengurus izin usahanya.

Setelah dari Jl Halir, petugas menuju ke Jl WR Supratman, juga di Kelurahan Bendogerit. Di tempat kos itu, petugas juga tidak mendapati pasangan mesum. Petugas hanya memeriksa kartu identitas para penghuni tempat kos.

Setelah itu, petugas bergeser ke tempat kos di Kelurahan Gedog. Ada dua tempat kos di Kelurahan Gedog yang didatangi petugas. Petugas mendapati satu pasangan bukan suami istri di tempat kos di Kelurahan Gedog. Petugas menyita identitas pasangan bukan suami istri itu.

Lalu, petugas menuju ke tempat kos di Jl Imam Bonjol. Petugas mendapati tempat kos itu belum memiliki izin usaha. Petugas meminta pengelola untuk segera mengurus izin usaha tempat kos. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved